Routeros Mikrotik Tutorial - Certificate SSL di Mikrotik RouterOS

Certificate SSL di Mikrotik RouterOS yaitu salah satu fitur yang sangat penting, apalagi untuk alasan keamanan. Pernahkah sobat - sobat menggunakan fitur ini untuk alasan keamanan pada sistem? Mari bahas perihal Certificate SSL di Mikrotik RouterOS.



Berdasarkan ilmukomputer.org, SSL (secure Socket Layer) yaitu protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. Biasanya SSL digunakan untuk mengamankan data yang sensitif yang berlalu - lalang di internet. Sebagai pola yaitu menyerupai pada internet banking, paypal, dan lain masih banyak lagi. Pada pola diatas yaitu suatu layanan internet yang memiliki data yang harus diamankan alasannya yaitu mampu menyangkut data langsung seseorang. Jika data tersebut tidak aman, maka mampu menjadikan kerugian pada seseorang tersebut.

Nah, bagaimana dengan mikrotik RouterOS? Sudah adakah fitur untuk keamanan Certificate SSL? Dan ternyata Mikrotik RouterOS juga telah dibenamkan fitur untuk SSL. Teman - sobat mampu melihat melalui Winbox pada "System > Certificates". Ada beberapa service di Mikrotik RouterOS yang mampu memanfaatkan atau menggunakan Certificate SSL untuk keamanan. Service tersebut diantaranya yaitu Hotspot Mikrotik dan VPN. 

Ketika pengguna terhubung dengan jaringan yang secure, maka keamanan data lebih terjadi dan pengguna mampu mrasa lebih aman. Apalagi pada jaringan internet yang ketika ini telah aneka macam pengunanya.

Comments