Routeros Mikrotik Tutorial - Mikrotik RouterOS Versi 6.38 Mendukung Jaringan LTE

Pada Mikrotik RouterOS versi 6.38 telah mendukung jaringan LTE. Jaringan LTE ialah jaringan berkecepatan paling tinggi ketika ini yang telah dirilis untuk pengguna Publik. Yang mana ketika ini jaringan LTE telah digunakan diberbagai negara dan di Indonesia juga sudah mulai menjamur. Buktinya sekarang perangkat smartphone dan modem sudah banyak mendukung LTE dan operator seluler di Indonesia juga sudah mendukung LTE.

Informasi yang bersumber dari wikipedia menjelaskan bahwa 3GPP Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE ialah sebuah standar komunikasi kanal data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmukanya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah.

Pada Mikrotik RotuerOS versi 6.38 ternyata juga sudah mendukung jaringan LTE. Hal tersebut diketahui pada changelog yang dirilis oleh Mikrotik.com. Pada Changelog dijelaskan bahwa fitur LTE dapat digunakan dengan pertolongan perhiasan perangkat modem ( Vodafone K4201-Z, Novatel USB620L, PANTECH UML295 dan ZTE MF90 ). Atau mungkin masih ada modem lain yang didukung.

Makara skemanya mungkin menyerupai ini. Internet menggunakan jalur modem yang mana telah didukung oleh Mikrotik RouterOS versi 6.38. Lalu modem tersebut dihubungkan pada perangkat router tersebut. Nah, dari Router tersebut internetnya dapat dishare untuk digunakan bersama.

Comments