Certificate Ssl Di Mikrotik Routeros

Certificate SSL di Mikrotik RouterOS ialah salah satu fitur yang sangat penting, apalagi untuk alasan keamanan. Pernahkah teman - teman memakai fitur ini untuk alasan keamanan pada sistem? Mari bahas perihal Certificate SSL di Mikrotik RouterOS.



Berdasarkan ilmukomputer.org, SSL (secure Socket Layer) ialah protokol keamanan yang dipakai pada hampir semua transaksi kondusif pada internet. Biasanya SSL dipakai untuk mengamankan data yang sensitif yang berlalu - lalang di internet. Sebagai pola ialah menyerupai pada internet banking, paypal, dan lain masih banyak lagi. Pada pola diatas ialah suatu layanan internet yang mempunyai data yang harus diamankan sebab dapat menyangkut data langsung seseorang. Jika data tersebut tidak aman, maka dapat mengakibatkan kerugian pada seseorang tersebut.

Nah, bagaimana dengan mikrotik RouterOS? Sudah adakah fitur untuk keamanan Certificate SSL? Dan ternyata Mikrotik RouterOS juga telah dibenamkan fitur untuk SSL. Teman - teman dapat melihat melalui Winbox pada "System > Certificates". Ada beberapa service di Mikrotik RouterOS yang dapat memanfaatkan atau memakai Certificate SSL untuk keamanan. Service tersebut diantaranya ialah Hotspot Mikrotik dan VPN. 

Ketika pengguna terhubung dengan jaringan yang secure, maka keamanan data lebih terjadi dan pengguna dapat mrasa lebih aman. Apalagi pada jaringan internet yang ketika ini telah aneka macam pengunanya.

Comments