Fitur Master Port Di Mikrotik Routeros Sebagai Switch

Fitur Master Port di Mikrotik RouterOS sebagai switch. Fitur Master Port mempunyai kemampuan yang bisa sama ibarat switch. Makara Port yang ada di perangakt Router Mikrotik (misal RB450G) yang mana hanya port ether biasa dirubah menjadi semacam port switch. Nah, ibarat apakah yang dimaksud Master Port? Mari bahas lebih lanjut.

Ada beberapa perangkat Mikrotik RouterOS (RouterBoard) telah terpasa switch chip. Yang mana dengan Switch Chip tersebut memungkinkan untuk melaksanakan konfigurasi master-port diperangkat tersebut. Master-port ini yaitu menggabungkan dua ether atau lebih menjadi satu kesatuan (segmen switch). Nah, mungkin dengan fitur ini sanggup menunjukkan konfigurasi jaringan yang lebih ideal.

Untuk jaringan yang berskala kecil mungkin belum membutuhkan konfigurasi master-port. Nah, jikalau yang jaringan berskala besar, mungkin membutuhkan konfigurasi master-port. Pada master-port bekerjsama ada banyak manfaat pengaturan yang lebih banyak, misalkan untuk switch dan vlan. Makara pengguna bisa memakai vlan pada fitur master-port.

Contoh Router yang memakai master-port yaitu sebagai berikut. pada satu ruangan terdapat satu router RB450G dan tiga komputer dan tidak ada switch. Yang mana, masing - masing dari komputer tersebut ingin terhubung ke internet. Maka, untuk kondisi tersebut biar bisa terlaksana bisa memakai fitur master-port tersebut. misal ether 1 sebagai WAN, ether 2 sebagai Lokalnya. Maka ether 3, 4, dan 5 disetting master-port yang mengarah ke ether2.

Sampai disini sudah tamat untuk pengaturan master-port di mikrotik RouterOS dan sudah bisa digunakan. Makara konfigurasi tersebut lebih ideal dan tidak membutuhkan biaya lagi untuk membeli switch atau perangkat suplemen lainnya.

Comments