Membuat Hotspot Di Smartphone Android, Share Koneksi Internet Ke Hp Lain

Konfigurasi / Mengaktifkan fitur hotspot di smartphone untuk membagikan koneksi internet ke smartphone lain, laptop, komputer, dan router mikrotik.

Hai teman Routeros Mikrotik, pada tutorial kali ini kita akan berguru cara menciptakan hotspot di HP / Smartphone yang sering kita bawa setiap hari, tujuan dari hotspot ini ialah kita dapat sharing koneksi internet ke perangkat lain, ibarat HP dan laptop. Di sini aku memakai Samsung dan Asus dengan system operasi android, mengapa aku pilih ke dua brand dan system operasi tersebut ?, hal itu alasannya banyak pemakainya. Meskipun dapat di bilang tutorial sederhana, tapi tetap aku tulis dan publikasikan di Routeros Mikrotik, hal itu alasannya nantinya tutorial ini akan berkaitan dengan tutorial / konfigurasi mikrotik selanjutnya dan biar tutorial ini dapat bermanfaat OK oke berikut tutorialnya :

A. ASUS Zenfone
Untuk pengguna ASUS, masuk ke sajian utama > kemudian cari sajian Setelan > Lainnya > Menambatkan & Hotspot Portabel > Hotspot Wi-fi > Siapkan hotspot wi-fi.
Di halaman konfigurasi hotspot wifi, isilah kolom yang ada sesuai harapan kalian, berikut misalnya :
  • Nama Jaringan : Hotspot HP / Nama lainya untuk nama hotspot yang akan di gunakan
  • Keamanan : WPA2 PSK merupakan salah satu jenis keamanan wifi, pilih saja yang ini
  • Sandi : jikalau ingin memakai password isi saja kolom ini, tapi jikalau tidak mau kosongkan saja (di sarankan untuk memakai password, untuk keamanan)
B. Samsung J2 Prime
Yang ke dua aku memakai samsung J2 Prime, klik sajian utama kemudian carilah sajian Pengaturan, Klik sajian Koneksi > Hotspot seluler dan penambatan > Hotspot seluler > klik option yang ada di sebelah ujung kanan maka akan muncul 3 option, salah satunya klik Konfigurasi Hotspot seluler.
Sama halnya dengan ASUS, isi kolom yang ada sesuai harapan anda berikut misalnya :
  • Nama Jaringan : Nama wifi / hotspot
  • Pengamanan : Jika resah pilih WPA2 PSK
  • Kata Sandi : Password untuk hotspot
C. Samsung Grand Prime 
Untuk yang ke tiga, sama dengan poin 2 masih memakai smartphone samsung tapi dengan tipe yang  berbeda, Klik sajian utama kemudian cari sajian Pengaturan > Penambatan dan Hotspot seluler > Hotspot Seluler > Option sebelah ujung kanan > Konfigurasi Hotspot.

  • SSID Jaringan : Nama Wifi Hotspot 
  • Pengaman : Type keamanan hotspot
  • Kata sandi : password untuk hotspot
Kesimpulan
Intinya jikalau kita ingin mengaktifkan hotspot di smartphone, carilah sajian yang mengatur koneksi jaringan, dengan mengaktifkan fitur hotspot ini kita dapat membagikan / share koneksi internet ke perangkat lain ibarat smartphone, laptop / komputer, bahkan router mikrotik. Untuk tutorial cara menghubungkan mikrotik dengan hotspot HP akan aku jelaskan di tutorial selanjutnya, sekian tutorial kali ini biar bermanfaat, salam admin Routeros Mikrotik.

Comments