Cara Login / Remote Mikrtotik Via Putty,Telnet, Winbox, Browser : Bpm001

Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Cara Menginstal Mikrotik dan Default Mikrotik. Setelah menginstal sebuah system operasi, tentunya anda harus mencobanya / mengeceknya dengan cara masuk ke system operasi tersebut, tapi untuk system operasi berbasis server, ibarat mikrotik, ada banyak cara untuk memasuki system, ibarat memakai SSH, Telnet, Winbox dan Browser, untuk semua caranya akan aku bahas disini

1. SSH
SSH ialah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengkonfigurasi/meremote suatu server, bagi anda yang memakai Windows sebagai sistem operasinya, anda harus memakai Putty untuk mengaktifkanya namun kalau sistem operasinya Linux, kita tidak perlu memakai Putty.

Untuk menggunakannya, masukan IP address 192.168.1.2 pada kolom "Host Name (or IP Address)", tuliskan 22 pada kolom port, dan pilih SSH di connection type, kemudian klik "Open"

Jika ada pemberitahuan pilih "yes" saja, kemudian setelah itu akan muncul sajian login, masukan user dan password anda atau Default Mikrotik, kemudian enter

Ini ialah tampilan mikrotik di Putty

2. Telnet
Kita sanggup meremote mikrotik memakai telnet melalui kegiatan aplikasi "Command Prompt" (cmd) bawaan windows. Namun telnet tidak disarankan untuk konfigurasi server alasannya ialah persoalan keamananya.
Untuk menggunakannya, ketikan saja "telnet (IP Mikrotik)"


kalau berhasil akan muncul sajian login user. isi user dan password anda atau Default Mikrotik kemudian enter

Ini ialah tampilan Mikrotik melalui Telnet


3. Web Browser
Seperti yang kita ketahui browser ialah sebuah software yang dipakai sebagai search engine, namun pada tutorial kali ini browser dijadikan sebagai aplikasi untuk remote server, syarat semoga Mikrotik sanggup di remote oleh browser ialah mikrotik harus sudah memiliki IP, atau anda sanggup memakai IP Defaultnya.
untuk menggunakannya jalankan browser (disini aku memakai google crome) kemudian ketikan alamat IP Mikrotik, dan tekan enter. selanjutnya anda akan menuju tampilan login mikrotik, isi user dan password anda atau Default Mikrotik, dan tekan login

Tampilan Mikrotik melalui Browser

4. Winbox
Winbox merupakan aplikasi remote server khusus mikrotik, yang merubah tampilan hitam putih / mode CLI menjadi mode GUI / berwarna, yang user friendly (mudah digunakan) di bandingkan dengan router lainya yang masih memakai console mode.

Keterangan :
1. ..... : menampilkan list router mikrotik yang terhubung dengan komputer

- Mac Address = Mac Address mikrotik
- IP Address = IP address Mikrotik
- Identify = Nama Hostname Mikrotik
- Verrsion = Versi Mikrotik yang digunakan

2. Connect to : Alamat IP komputer yang akan di remote
3. User : username yang akan dipakai untuk login mikrotik
4. Password : Password user
5. Note : Keterangan tambahan, misalkan nama host name mikrotik
6. Save : untuk menyimpan alamat, user dan password mikrotik, sehingga kita tidak perlu mengetikan kembali dikala setiap kali login

7. Tool

- Remove All address : untuk menghapus semua alamat, user, password, yang ada pada daftar alamat
- Clear Cache : berfungsi untuk menghapus cache yang tersimpan
- Export Address : untuk membackup data login mikrotik
- Import Address : untuk mengimpor data login dari hasil backup data, dan menampilkanya di daftar alamat



untuk cara penggunaanya ketikan saja alamat IP mikrotik beserta user dan passwordnya, kemudian tekan login

tapi kalau mikrotik belum memiliki IP (seperti gres di install), klik cion ..... kemudian pilih di kolom Mac Address, dan isi user dan password Default Mikrotik.

Jika anda resah atau ingin lebih jelasnya, silahkan lihat videonya disini :
Login Mikrotik Via Winbox, Putty, Browser, jangan lupa Subcribe ya :D

Sekian tutorial kali ini,
Terimakasih

Comments