Personalization : Mengatur Background Desktop, Warna Latar, Screensaver. Lock Screen

Pembahasan : Background Desktop, Slideshow, Background Lock Screen, Modifitikasi Start Menu Setting Screensaver, Ganti Theme Desktop, 

Pada belahan sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai cara menyalakan computer, login windows, dan fitur-fitur yang ada pada Desktop menyerupai belahan bagian dari Start hidangan dan cara merubah ukuranya, Task bar, Action Center, Task View, dan hal lainya. Di sini kita akan membahas lebih dalam mengenai desktop lebih tepatnya hidangan Personalization. 

Sebagai langkah awal pertama kita akan menampilkan halaman Personalization, sebuah halaman yang berfungsi untuk mengatur tampilan desktop dan start menu. Cara untuk menampilkanya sangatlah gampang klik kanan pada belahan kosong di desktop, maka akan muncul sebuah hidangan menyerupai ini :

Di antara hidangan tersebut klik hidangan yang ada di belahan bawah yaitu Personalize, kalau sudah maka halaman personalization akan terbuka, di halaman ini akan ada 5 hidangan utama yaitu Background, Colors, Lock Screen, Themes, dan Start.

A. Background
Menu background yang pertama ini berfungsi untuk mengganti latar belakang dari halaman desktop, di dalam hidangan background terdapat 2 sub hidangan utama yaitu Preview dan Background.
A1. Preview
Berfungsi untuk menampilkan perubahan secara langsung, jadi kalau kita mengganti background dengan sebuah gambar / warna, maka secara otomatis perubahan tersebut sanggup kita lihat di preview.

A2. Background
Navigasi yang berfungsi untuk menentukan tipe background, adapun tipe yang tersedia :
A2a. Picture
Mengganti Background dengan sebuah gambar, untuk menentukan gambar anda sanggup menentukan gambar yang tersedia di kolom Choose your Picture atau dengan gambar lainya, caranya klik navigasi Browse, kemudian arahkan ke daerah / folder anda menyimpan file gambar, Jika sudah klik gambar yang di pilih kemudian klik Choose Picture.
Untuk menyesuaikan ukuran gambar dengan layar desktop, anda sanggup mengaturnya pada Drop-down Choose a fit, di sana akan ada 5 pilihan penyesuain mulai dari Fill, Fit, Stretch, Tile, Center dan Span.

A2b. Solid Color
Mengganti background dengan warna, kalau anda tidak suka dengan background bergambar, anda sanggup memakai option ini, pilihan warna yang di sediakan pun bermacam-macam menyerupai yang anda lihat ada 24 warna.
A2c. Slide Show
Bagi anda yang merasa jenuh dengan background yang itu-itu aja dan anda menginginkan background desktop sanggup berubah dengan sendiri pilihlah Silde Show.
Untuk menentukan gambar yang akan di tampilkan, klik Browse kemudian arahkan ke daerah anda menyimpan file gambar, klik Foldernya kemudian pilih Choose this folder. Jika sudah menentukan gambar aturlah waktu / interval slide show mulai dari 1 menit, 10 menit, 30 menit, 1 jam,  6 jam dan 1 hari, sebagai pola kalau menentukan 1 menit, maka background akan berganti gambar setiap satu menit sekali dan sesuaikan ukuran gambar dengan layar desktop pada drop-down choose a fit.

B. Colors
Menu yang berfungsi untuk mengatur warna dari start menu, task kafe dan action center, di hidangan colors ada 3 navigasi yang sanggup anda ubah, berikut penjelasanya :
B1. Automatically pick an accent color from my background
(On) mengubah warna menurut warna dari background secara otomatis, jadi kalau background anda berwarna biru maka warna (contohnya) taskbar akan berwarna biru.
(Off) kalau tidak ingin otomatis, pilih saja Off dan sesuaikan warnanya sesuai impian anda.

B2. Show color on start, taskbar, and action center
(On) menampilkan / mengaplikasikan perubahan warna yang telah di lakukan pada poin ke 1.
(Off) tidak mengaplikasikan perubahan warna.

B3. Make start taskbar, and action center transparent
(On) menciptakan latar warna dari start menu, task bar, dan action center transparan

C. Lock Screen
Lock screen yakni sebuah tampilan yang akan muncul apabila tidak ada aktifitas di computer pada waktu tertentu dan kalau computer memakai password, sehabis tampilan lock screen anda akan di arahkan ke halaman login user. Ada 2 pilihan yang sanggup anda gunakan untuk mengatur tampilan lock screen, yaitu :

C1. Picture
Menampilkan satu buah gambar pada Lock screen, sama halnya dengan Picture di hidangan Background sebelumnya, anda sanggup menentukan gambar default windows di belahan bawah drop-down Background atau kalau ingin memakai gambar lain klik saja Browse, kemudian arahkan ke daerah gambar yang akan di pilih, kalau sudah klik Choose Picture.

C2. Silde Show
Sama menyerupai poin Slide Show pada hidangan background, untuk memakai silde show klik add a folder, kemudian arahkan ke folder yang berisi gambar yang akan di tampilkan.
Advanced Slideshow settings yakni sebuah navigasi komplemen untuk pengaturan slide show

C3. Screen timeout settings
Navigasi yang di gunakan untuk mengatur waktu Lock screen (Scroll ke bawah)

kalau kita klik maka akan muncul tampilan berikut :
Perhatikan pada gambar yang saya beri bingkai biru, aturlah waktu sesuai impian anda, untuk On battery power yakni waktu Lock screen dikala laptop tidak dalam keadaan mengisi baterai, dan When plugged in dikala laptop dalam keaddan mengisi baterai.
Catatan :
Tidak ada Aktifitas yang di maksud yakni tidak adanya gerakan kursor mouse dan tidak ada yang menekan tombol apapun di keyboard.
C4. Screen Saver
Screen saver yakni sebuah gambar bergerak pada layar desktop dikala tidak ada sebuah aktifitas di computer, defaultnya screen saver ini tidak aktif dan untuk mengaktifkanya klik screen saver settings di hidangan Lock Screen (lihat gambar C3. Screen Timeout Setting), berikut gambar dari screen saver setting :

C4a. Drop-down Screen Saver
Menampilkan screen saver yang sanggup di gunakan, mulai dari None (tidak memakai screen saver), 3D text, blank, Bubbles hingga ribbons.

C4b. Settings
Mengedit screen saver yang telah di pilih, di antara screen saver yang ada hanya ada 2 screen saver yang sanggup kita edit yaitu :
- 3D Text : Screen saver yang menampilkan kata 3 dimensi
- Photos : Screen saver yang menampilkan gambar sama menyerupai slide show

C4c. Preview
Menampilkan sementara / percobaan screen saver yang telah di pilih

C4d. Time
Waktu untuk kapan screen saver akan berjalan, misalnya kalau saya setting 1 menit, maka screen saver akan aktif dikala 1 menit tidak ada aktifitas di computer.
Catatan :
Agar screen saver aktif maka setting waktu screen saver lebih cepat dari waktu Lock Screen, contohya waktu untuk Screen saver yakni 1 menit, maka anda harus setting waktu Lock Screen lebih dari satu menit. Missal 2 menit.
C4e. On Resume …..
Screen saver akan berhenti dikala adanya aktifitas pada computer walaupun hanya gerakan mouse 1 mm saja, kalau tidak di tandai poin ini, dikala screen saver berhenti maka tampilan desktop sama menyerupai sebelumnya, dan kalau di tandai maka sehabis screen saver maka anda akan di arahkan ke tampilan Lock Screen.

D. Themes
Themes merupakan sebuah paket pengaturan system windows, di mana theme ini akan menentukan warna, suara, photo / background dan elemen lain dari interfaces windows 10. Untuk mengaturnya klik Theme Setting, sehingga akan muncul tampilan menyerupai ini :
Keterangan :
Bingkai Biru yakni Tema yang sedang di gunakan
Bingkai Hijau yakni 3 tema default windows
Bingkai Kuning yakni pengaturan kontras untuk theme
E. Start
Menu yang di gunakan untuk menfatur tampilan Start menu, di hidangan ini ada 4 navigasi yang sanggup kita ubah :

E1. Show most used apps
(On) menampilkan list aplikasi yang sering di gunakan

E2. Show recently added apps
(On) menampilkan aplikasi yang gres saja di tambahkan

E3. Use start full screen
(On) menampilkan start hidangan dalam mode full screen, hal ini hampir sama menyerupai start hidangan windows 8

E4. Show recently opened items
(On) menampilkan item yang gres saja di gunakan / buka ke dalam jump list star hidangan dan Taskbar

Artikel Terkait :
🔃Penjelasan Bagian-Bagian Start Menu + Cara Memperkecil Ukuranya (Poin C)

Itulah pembahasan kita pada belahan kali ini mengenai mengatur tampilan desktop dan start menu, dengan adanya pembahasan pada belahan ini, di harapkan sanggup menciptakan desktop computer anda lebih berwarna dan menarik, sehingga anda sebagai seorang user tidak gampang bosan / jenuh dikala memakai computer, sekian pembahasan kita kali ini, hingga jumpa di pembahasan pada bab-bab selanjutnya. Terimakasih, jangan lupa di share ya :D

Comments