Routeros Mikrotik Tutorial - Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Router Dengan Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS ialah sistem operasi yang dikhususkan untuk router. Berbeda dengan sistem operasi Windows, Linux, Mac OS. Meski Linux mampu digunakan untuk menjadi Router, tetapi tingkat ke stabilannya berbeda dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk router. 



Apakah itu Router? Menurut Penulis, Router ialah suatu sistem dimana dapat meneruskan paket data dari pengirim ke peserta (tujuan) yang berjalan menggunakan Internet Protokol (OSI Layer ke 3 (Network Layer)). Nah, untuk pengertian lebih detailnya lagi mungkin sobat - sobat mampu searching di internet. 

Pada bahasan kali ini ialah kebutuhan untuk membuat router sederhana yang mana digunakan untuk susukan internet dan di share ke komputer lokal. Berikut dibawah ini ialah beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala membuat router dengan Mikrotik RouterOS.

  • Untuk yang pertama pastikan telah memiliki perangkat yang menjalankan sistem operasi Mikrotik.
  • Pastikan memiliki IP Address. IP Address tersebut ialah berasal dari Provider Internet yang mana digunakan untuk jalur internet dan IP lokal digunakan untuk susukan internet dari komputer lokal.
  • Konfigurasi IP address pada Mikrotik RouterOS
  • Konfigurasi DNS pada Mikrotik RouterOS
  • Konfigurasi Route / gateway pada Mikrotik RouterOS. Gateway berupa ip yang mana berasal dari Provider Internet
  • Konfigurasi NAT pada Mikrotik RouterOS.

Nah, menurut penulis jikalau semua point diatas terpenuhi, ada kemungkin internet telah mampu digunakan pada komputer lokal. Jika ada suplemen lagi, sobat - sobat mampu menambahkan pada kolom komentar. Terima kasih


Comments