Routeros Mikrotik Tutorial - Cara Blokir Situs Dengan Domain di Mikrotik RouterOS

Pada bahasan kali ini ialah wacana cara memblokir situs internet berdasarkan domain di Mikrotik RouterOS. Fitur ini sangat bermanfaat apabila ingin memblokir situs - situs tertentu. Nah, sobat - sobat penasaran bagaimana caranya? Mari bahas lebih lanjut.


Jika sobat - sobat bekerja sebagai IT yang mana mengurus wacana Jaringan Internet, Kadang kala ada kebijakan tertentu dimana dikala jam kerja ada beberapa terusan situs atau website tidak diperbolehkan. Ya, pastinya sebab mampu menggantu aktifitas kerja dan biar para karyawan mampu lebih produktif. Misalkan saja dikala jam kerja tidak boleh terusan youtube sebab selain boros bandwidth sebab streaming video, juga biar karyawan mampu lebih fokus dalam bekerja. Nah, pada kasus ibarat ini pastinya tidak semua website harus diblockir atau internet pada komputer karyawan dimatikan sebab pasti ada kebutuhan untuk terusan yang lain melalui internet. Nah, fitur semacam tersebut diatas sudah ada di Mikrotik RouterOS.

Berikut dibawah ini ialah cara blockir Situs Dengan Domain di Mikrotik RouterOS.

  • Masuk ke Mikrotik RouterOS melalui winbox (cara yang mudah).
  • Masuk ke menu " IP > Firewall " dan pilih tab "Address Lists". Pada "Address List" digunakan untuk mendaftar domain yang akan diblockir.
  • Klik tanda "+" untuk membuat address list baru. Masukkan Nama (bisa diadaptasi dengan kebutuhan) dan Address (nama Domain yang akan diblockir) lalu klik "Apply" dan "OK". Nampak ibarat pada gambar dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya ialah masuk ke menu "Filter Rules" pada jendela "Firewall".
  • Klik tanda "+" untuk membuat Rule baru. Masuk ke menu tab "Advanced". Pada opsi "Dst. Address List" masukkan nama address list yang telah dibuat tadi. Selanjutnya pada menu tab "Action" pilih "opsi "drop". Lalu klik Apply dan OK. Nampak ibarat pada gambar dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya ialah melaksanakan pengetesan. Jika website yang ingin diblockir tersebut tidak mampu diakses, berarti konfigurasi sudah benar.

Cara tersebut diatas tidak harus ibarat itu, mungkin ada cara lain yang mampu digunakan untuk memblockir situs dengan domain di Mikrotik RouterOS. semoga bahasan ini mampu bermanfaat dan jikalau ada pertanyaan mampu kirim melalui kolom komentar. Terima kasih.

Comments