Routeros Mikrotik Tutorial - Cara Mengatasi Lupa User dan Password Modem Speedy Indihome ZTE F609/F660

Dari zaman koneksi masih menggunakan tembaga, dengan modem speedy yang masih mampu diganti semau-mau kita, aku belum pernah menemui yang namanya Password Modem itu berubah sendiri, entah itu yang merubah dari orang iseng, atau aku lupa passwordnya, atau bahkan mampu jadi dari admin telkom sendiri.
Pasalnya seingat saya, aku selalu menerapkan user dan password yang sama disemua perangkat saya, tiba-tiba aku mengalami gagal login di pesawat modem saya, padahal dengan modem-modem lainnya berhasil login, oleh karena itu aku ingin menyebarkan ke teman-teman, siapa tahu ketika ini anda mengalami hal yang sama yang terjadi pada aku sendiri tempo lalu.

Untuk dapat melihat user, password Modem speedy indihome ZTE F609 kita harus masuk ke telnet modem, biar dari settingan default telkom masih open port telnet ke modemnya. untuk langkah-langkah detailnya yaitu sebagai berikut :
  • Buka telnet anda dari Putty atau cmd PC/Laptop anda yang terhubung satu jaringan dengan Modem, lalu ketikkan perintah user login : root , dan password : Zte521 , menyerupai gambar dibawah :

  • Setelah mampu login ke telnet modem anda, silahkan ketikan command berikut ini :
  • Lalu tekan Enter , maka akan keluar Log menyerupai dibawah ini :

Yang aku kasih kolom kuning yaitu login dan password modem, silahkan dicari menyerupai gambar diatas dan sekarang buka dengan ID, Password tersebut, maka jikalau anda berhasil akan keluar tampilan menu utama Modem, 

Untuk menghindari perubahan yang terjadi terhadap modem speedy indihome anda silahkan segera ganti password modem anda, dengan cara sebagai berikut dibawah :
## Login Modem
user : root
pass : Zte521

## Command Melihat ID,Pass 
sendcdm 1 DB p DevAuthInfo

## Jika cara pertama tidak berhasil gunakan Comman dibawah
grep -E 'Password|Username' /userconfig/cfg/db_user_cfg.xml

## Ganti password modem Zte F660
sed -i -e 's/passwordlama/passwordbaru/g' /userconfig/cfg/db_user_cfg.xml
Copy - Paste di New Terminal
    Selamat Mencoba dan biar berhasil menyerupai testimonial aku .

Comments