Routeros Mikrotik Tutorial - Cara Memasang SSL Certificate Untuk Hotspot Mikrotik RouterOS

Setelah kemarin membahas perihal Cara Menginstall Certificate SSL di Mikrotik RouterOS, maka kali ini akan membahas perihal penggunaan SSL Certificate pada salah satu layanan di Mikrotik RouterOS. Layanan yang dimaksud ialah menggunakan SSL Certificate untuk Hotspot di Mikrotik RouterOS.


Secara umum, Mikrotik RouterOS telah terdapat layanan Hotspot yang mana mengguna internet mampu berinternetan dengan Hotspot area dengan perangkat yang menjalankan Mikrotik RouterOS. Pada hostpos Mikrotik RouterOS telah menyediakan page login sebelum penggunanya mampu berinternetan. Kaprikornus setelah pengguna terhubung dengan hotspot dan mencoba mengakses ke internet, pengguna akan diarahkan ke halaman page login terlebih dahulu kalau belum memasukkan username dan password.

Tapi, kadang ada suatu kondisi dimana terjadi problem saat redirect (pengarahan) ke page login. Kaprikornus saat pengguna mengakses situs yang menggunakan service https (misal google.com), maka akan terjadi error (Certificate problem) alasannya ialah memang pada Hotspot Mikrotik RouterOS belum memiliki certificate yang valid. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka certificate yang telah di install di Mikrotik RouterOS mampu dimanfaatkan pada konfigurasi hotspot tersebut sehingga tidak terjadi problem lagi.

Berikut dibawah ini ialah cara memasang SSL Certificate untuk hotspot Mikrotik RouterOS.
  • Untuk langkah pertama ialah pastikan pada Mikrotik RouterOS telah terpasang Certificate SSL yang valid.
  • Masuk ke Mikrotik RouterOS (biar lebih mudah melalui winbox), dan buka jendela "IP > Hotspot".
  • Langkah selanjutnya ialah pilih tab menu "Server Profiles" dan klik dua kali (double click) pada profile hotspot yang akan dipasang certificate SSL. Sebagai referensi ialah menyerupai pada gambar dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya ialah masuk ke tab menu "Login" pada jendela "Hotspot Server Profile". Beri tanda centang pada opsi "HTTPS". Dan pada opsi "SSL Certificate", masukkan certificae yang akan digunakan.

  • Langkah terakhir ialah klik menu "Apply" dan "OK" lalu selanjutnya mampu dilakukan pengetesan. Jika tidak ada problem, maka konfigurasi sudah benar.

Sampai disini, cara memasang SSL Certificate untuk Hotspot Mikrotik RouterOS sudah selesai. Semoga mampu bermanfaat bagi yang membutuhkan. Salam.

Comments