Routeros Mikrotik Tutorial - Mikrotik RouterOS Kaya Akan Fitur Dan Mudah Digunakan

Salah satu routerOS yang populer ketika ini ialah Mikrotik RouterOS. Mikrotik RouterOS kaya akan fitur dan sangat mudah digunakan. hingga ketika ini Mikrotik RouterOS banyak digunakan oleh direktur jaringan dan sistemnya masih terus diupdate dan diperbaharui sesuai perkembangan jaman. Mikrotik RouterOS memiliki ukuran file sistem yang menurut penulis kecil, tetapi memiliki fitur yang sudah komplit.

Berikut dibawah ini ialah fitur - fitur Mikrotik yang telah mungkin penulis pernah terapkan dan sangat membantu sekali dalam mengatur jaringan Internet.

Untuk kebutuhan server, Mikrotik RouterOS telah mendukung beberapa server diantaranya ialah DNS Server, DHCP Server, FTP Server, SSH Server, Bandwidth Test server, dan masih banyak lagi.

  • Untuk kebutuhan Bandwidth Management terdapat simple Queues dan Tree Queues yang mana mendukung packet marking yang digunakan dengan mudah (melalui winbox)
  • Untuk kebutuhan Hotspot juga terdapat user management menyerupai radius server baik internal radius ( user manager) maupun eksternal radius. 
  • Ada banyak tool bawaan dari Mikrotik yaitu bandwidth test, remote (ssh, telnet, mac-telnet), Email, NetWatch, sms, dan lain masih banyak lagi.
  • Selain itu, Mikrotik juga mudah dalam mengaksesnya menyerupai diakses melalui winbox, web browser, telnet, ssh, dan mac-telnet.


Dan lain masih banyak lagi akomodasi dalam menggunakan Mikrotik RouterOS.

Comments