Routeros Mikrotik Tutorial - System Log Di Mikrotik Untuk Menampilkan Status Informasi Sistem

System log Di Mikrotik untuk menampilkan status gosip sistem. Makara setiap ada acara tertentu pada perangkat Router Mikrotik tersebut, maka dari sistem log tersebut akan menampilkan keterangan. Sistem log ini sangat bermanfaat bagi eksekutif jaringan terutama pengguna Mikrotik RouterOS.

Dari gosip wiki Mikrotik menjelaskan bahwa log system dapat disimpan pada memori ram router (RAM), disk, file, dan dikirim ke email. Makara nampaknya ada banyak media yang dapat digunakan untuk menampilkan atau menyimpan log system Mikrotik RouterOS. Jika memiliki disk space yang besar, maka tidak perlu kuatir untuk menyimpan log di disk. Jika perangkat Mikrotik memiliki memori RAM kecil, disk space kecil, maka ada cara lain yaitu dikirim ke email.

System log biasanya digunakan untuk melihat apa yang terjadi pada perangkat. Misalkan kabel jaringan lepas, maka log di Mikrotik routerOS menampilkan log bahwa ether down dan juga menjelaskan ether mana yang telah sempat down tersebut. Pada jaringan Networking yang sdah global, system log sangat penting alasannya ialah dapat memantu untuk proses troubleshooting saat terjadi gangguan jaringan. Dengan melihat system log tersebut maka sang admin mampu pribadi menentukan langkah perbaikan yang lebih cepat. 

Ada banyak system log yang ditampilkan pada log. yang ditampilkan di log Mikrotik misalkan wacana ether up dan down, user hotspot login dan keterangan lainnya, koneksi wireless, dan lain masih banyak lagi. Pada Mikrotik routerOS juga terdapat fitur untuk melaksanakan pengaturan log mana yang akan ditampilkan pada system log. Nah, lognya tersebut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Comments