Routeros Mikrotik Tutorial - Tools dan Utility Untuk Mikrotik RouterOS

Dari Mikrotik.com telah menyediakan tools dan utility untuk Mikrotik RouterOS. Tool ini sangat bermanfaat pagi pengguna Mikrotik RouterOS, apalagi telah menggunakan Mikrotik RouterOS pada jaringan yang besar. Nah, Apa saja Tools dan Utility yang telah disediakan oleh Mikrotik??



Tools yang pertama dan paling sering digunakan oleh pengguna Mikrotik RouterOS yaitu winbox (menurut penulis ya,..). Kenapa mampu begitu? jika menurut pengalaman penulis memang lebih sering menggunakan winbox daripada tools dan utility yang lainnya. Sangat mudah digunakan dan berbasis GUI. Dan kebanyakan dari sahabat - sahabat penulis yang menggunakan Mikrotik RouterOS juga menggunakan winbox. Tools winbox mampu diunduh gratis di mikrotik.com. Unduh versi yang terbaru untuk memperoleh pengalaman yang maksimal.

Tools atau utility yang kedua yaitu NetInstall. Pada artikel yang kemarin juga pernah dibahas kegunaan dari Netinstall. NetInstall digunakan untuk menginstall gres (Fresh Install) Mikrotik RouterOS. Dan caranya cukup mudah. Mudah - mudahan nanti mampu dituliskan artikel cara menginstall Mikrotik melalui NetInstall pada blog ini.

Yang selanjutnya ada Wireles Link Calculator. Nah, utility ini biasanya digunakan untuk perangakt outdoor. Wireless Link Calculator biasanya digunakan untuk menganalisa saat pointing dilapangan. Tetapi meskipun sudah ada Tools Wireless Link Calculator, tetap saja harus dianalisa lagi sesuai dengan kondisi lapangan.

Tools yang selanjutnya yaitu Btest. Btest ini digunakan untuk mengetest kualitas link dan bandiwdth yang mampu dilewati antar dua perangkat.

Dan masih ada tools lain yang mampu digunakan untuk mengoptimalkan Mikrotik RouterOS diantaranya ada Traft, Neighbour, Putty, dan lainnya. Semoga dengan artikel ini dapat menunjukkan pemanis wawasan bagi sahabat - sahabat pembaca dan penulis pribadi.

Comments