Routeros Mikrotik Tutorial - Beberapa Tool Command Line Linux yang Wajib Berada di Windows

Selama ini mungkin terlalu sering dan di mudahkanya aku mengunakan beberapa tool command line yang ada di linux/nix. Sebagai referensi wget, nc, nmap dan masih banyak lagi. Kemudian kalau aku mengunakan windows apakah tool tool itu dapat aku jalankan?

Inilah beberapa tools terminal linux/nix yang mampu di install di windows.

1. wget
wget for windows dapat di temukan di sini

2. netcat
netcat berjalan baik di windows tinggal copy file nc.exe ke windows/system32. netcat for windows dapat di temukan di sini

3. perl
perl for windows biasa di sebut activeperl. activeperl for windows dapat di temukan di sini

4. python
python for windows mampu di temukan di sini

5. php-cli
untuk php cli aku mengunakan appserv yakni apache+mysql+php5 yang juga sudah terdapat php-cli juga. untuk appserv dapat ditemukan di sini

Itulah beberapa tool command line linux yg ada di dalam windows saya. Namun ada baiknya kita menginstal tool berjulukan Cygwin.

Apa itu Cygwin, disini aku coba copas dari site Cygwin.

Cygwin is a Linux-like environment for Windows. It consists of two parts:
- A DLL (cygwin1.dll) which acts as a Linux API emulation layer providing substantial Linux API functionality.
- A collection of tools which provide Linux look and feel.

The Cygwin DLL currently works with all recent, commercially released x86 32 bit and 64 bit versions of Windows, with the exception of Windows CE.

gosip cygwin dapat dilihat di http://www.cygwin.com

Comments