#Ask-1 : Bagaimana Cara Memblokir Situs Memakai Address List Di Mikrotik Routeros?

Terima kasih semua sobat - sobat yang telah mencoba untuk melaksanakan chat melalui fitur chat di halaman web. Pada pertanyaan kali ini yaitu membahas wacana bagaimana cara memblokir situs memakai address list yang ada di Mikrotik RouterOS. Apakah dapat memblokir situs memakai address list di Mikrotik RouterOS? mari kita bahas lebih lanjut.



Mikrotik RouterOS mempunyai fitur firewall untuk memblokir termasuk memblokir situs - situs tertentu. lebih mudahnya sobat - sobat dapat menciptakan rules satu per satu untuk memblokir situs tertentu. Tetapi pada sistem kalau terlalu banyak rules, maka kurang efektif sehinga Mikrotik RouterOS menyediakan address list untuk meminimalisir rules yang terlalu banyak.

Ada dua metode yang dapat dipakai untuk memblokir situs di Mikrotik RouterOS yang memakai fitur filter. Yaitu menciptakan rules satu per satu untuk memblokir di firewall "filter" dan cara yang kedua yaitu memanfaatkan fitur address list. Nah, sobat - sobat tinggal pilih yang mana yang akan digunakan.

Menggunakan Address list untuk memblokir situs di Mikrotik RouterOS
Teman - sobat dapat memakai fitur address list untuk memblokir situs di Mikrotik RouterOS. Jika ingin memblokir situs dalam jumlah yang banyak, akan lebih efektif memakai address list. Sekalin konfigurasinya lebih simpel dan mudah, juga mempunyai beban kinerja yang lebih sedikit kalau dibandingkan dengan menciptakan rule satu per satu untuk memblokir situs. Bayangkan saja dapat ingin memblokir 100 situs memakai rule satu per satu di firewall "filter" pastinya akan menjadi berat beban kinerja sistemnya.

Cara Memblokir Situs Menggunakan Address-list di Mikrotik RouterOS
Nah, sobat - sobat dapat memakai cara address list di Mikrotik RouterOS untuk memblokir Situs. Berikut dibawah yaitu Caranya.


  1. Untuk yang pertama yaitu sobat - sobat memilih terlebih dahulu situs yang akan di blokir. Di list terlebih dahulu domainnya.
  2. Memastikan komputer lokal yang akan di blokir untuk mengakses situs yang telah di list tersebut diatas. Apakah semua komputer atau hanya komputer dengan ip tertentu saja. Nah, pastikan untuk di list juga.
  3. Memasukkan alamat situs yang akan di blokir tersebut di Address-list Mikrotik RouterOS dengan nama tertentu. Pastikan semua alamat situs tersebut dimasukkan di address-list dengan nama yang sama (misal namanya "blokir").
  4. Memasukkan IP komputer lokal yang akan diblokir untuk saluran ke situs tersebut diatas di address-list. Jika semua komputer, maka tidak perlu disetting. Lewati point ini. Tetapi kalau hanya beberapa saja, masukkan ke address-list ip nya kemudian diberi nama (misal "komputer").
  5. Membuat rules di "IP > FIREWALL > FILTER" . Membuat satu rules yang nantinya dipakai untuk memblokir situs yang dilist tersebut. Pada bab dst-address-list masukkannya daftar list domain yang akan di blokir (misal "Blokir"). Lalu pada action memakai opsi drop.
  6. Jika menciptakan address-list komputer ip lokal maka dapat dimasukkan pada opsi src-address-list.
  7. langkah terakhir yaitu melaksanakan pengecekan.


Nah, hingga disini semua sudah selesai. kalau sukses maka selamat sobat - sobat sudah dapat memblokir situs melalui address-list. Oh ya, untuk tutorial lengkapnya akan di buatkan artikel yang terpisah ya. Tunggu artikel selanjutnya.

Comments