Bagaimana Cara Mengamankan Router Mikrotik

Keamanan sautu sistem sangatlah penting. Agar tidak terjadi duduk perkara atau hal jelek lainnya, maka suatu sistem atau router perlu diperhatikan. Pada bahasan kali ini yakni cara mengamankan Router Mikrotik RouterOS.


Ada aneka macam fitur yang dihadirkan di Mikrotik. Tetapi meskipun begitu tetap harus menjaga keamanan dari router Mikrotik tersebut. Ada beberapa fitur yang harus diatur bahkan harus dimatikan demi keamanan router Mikrotik.

1. Mengganti Username dan Password Router Mikrotik
Secara default Mikrotik telah menyediakan Username eksekutif untuk login ke sistem. Biasanya user default tersebut telah diketahui oleh banyak orang. Oleh lantaran itu, mengganti username dan password sangat perlu dilakukan.

2. Mengubah atau menonaktifkan service tidak dipakai di RouterOS
Secara default, Router Mikrotik menjalankan beberapa service ibarat api, api-ssl, ftp, ssh, telnet, winbox, www, ww-ssl. Nah, service tersebut kalau tidak dipakai alangkah lebih baiknya dinonaktifkan. Dan kalau dipakai alangkah lebik baiknya port default diganti dengan port yang lain.

3. Mematikan fitur Neighbors Discovery
Secara default, fitur ini juga aktif. Segala yang terhubung pribadi dengan perangkt router Mikrotik, maka secara default akan terdeteksi pada Neighbors Discovery. Demi keamanan, fitur ini kalau tidak dibutuhkan lebih baik dimatikan.

4. Mematikan atau mengubah Mac Server
Decara default, fitur ini juga aktif. Biasanya dipakai untuk melaksanakan pengecekan perangkat tersebut nyala (terhubung) atau tidak saat perangkat belum mempunyai IP address. Fitur ini lebih baik dinonaktifkan.

5. Menambah firewall rule tertentu 
Firewall rule dapat diubahsuaikan dengan kebutuhkan. ibarat jalan masuk router dari ip tertentu tidak diperbolehkan dan lain sebagainya.

6. mematikan fitur Btest Server
secara defaul, Btest Server dalam kondisi aktif. Ketika Btest server dipakai maka cpu di Router Mikrotik akan dipakai lebih bayak. Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus dan semakin besar Btest-nya, maka mempengaruhi performa router. fitur ini kalau tidak dipakai lebih baik di nonaktifkan.

Beberapa hal tersebut diatas yakni cara untuk mengamankan router Mikrotik. Mungkin masih ada banyak cara lain yang dapat dipakai untuk mengamankan router Mikrotik

Comments