Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dikala Menciptakan Router Dengan Mikrotik Routeros

Mikrotik RouterOS yaitu sistem operasi yang dikhususkan untuk router. Berbeda dengan sistem operasi Windows, Linux, Mac OS. Meski Linux sanggup dipakai untuk menjadi Router, tetapi tingkat ke stabilannya berbeda dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk router. 



Apakah itu Router? Menurut Penulis, Router yaitu suatu sistem dimana sanggup meneruskan paket data dari pengirim ke peserta (tujuan) yang berjalan memakai Internet Protokol (OSI Layer ke 3 (Network Layer)). Nah, untuk pengertian lebih detailnya lagi mungkin teman - teman sanggup searching di internet. 

Pada bahasan kali ini yaitu kebutuhan untuk menciptakan router sederhana yang mana dipakai untuk susukan internet dan di share ke komputer lokal. Berikut dibawah ini yaitu beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menciptakan router dengan Mikrotik RouterOS.

  • Untuk yang pertama pastikan telah mempunyai perangkat yang menjalankan sistem operasi Mikrotik.
  • Pastikan mempunyai IP Address. IP Address tersebut yaitu berasal dari Provider Internet yang mana dipakai untuk jalur internet dan IP lokal dipakai untuk susukan internet dari komputer lokal.
  • Konfigurasi IP address pada Mikrotik RouterOS
  • Konfigurasi DNS pada Mikrotik RouterOS
  • Konfigurasi Route / gateway pada Mikrotik RouterOS. Gateway berupa ip yang mana berasal dari Provider Internet
  • Konfigurasi NAT pada Mikrotik RouterOS.

Nah, berdasarkan penulis jikalau semua point diatas terpenuhi, ada kemungkin internet telah sanggup dipakai pada komputer lokal. Jika ada pemanis lagi, teman - teman sanggup menambahkan pada kolom komentar. Terima kasih


Comments