Cara Blokir Situs Dengan Domain Di Mikrotik Routeros

Pada bahasan kali ini ialah perihal cara memblokir situs internet menurut domain di Mikrotik RouterOS. Fitur ini sangat bermanfaat apabila ingin memblokir situs - situs tertentu. Nah, sobat - sobat ingin tau bagaimana caranya? Mari bahas lebih lanjut.


Jika sobat - sobat bekerja sebagai IT yang mana mengurus perihal Jaringan Internet, Kadang kala ada kebijakan tertentu dimana saat jam kerja ada beberapa susukan situs atau website tidak diperbolehkan. Ya, pastinya alasannya dapat menggantu aktifitas kerja dan semoga para karyawan dapat lebih produktif. Misalkan saja saat jam kerja dihentikan susukan youtube alasannya selain boros bandwidth alasannya streaming video, juga biar karyawan dapat lebih fokus dalam bekerja. Nah, pada kasus menyerupai ini pastinya tidak semua website harus diblockir atau internet pada komputer karyawan dimatikan alasannya niscaya ada kebutuhan untuk susukan yang lain melalui internet. Nah, fitur semacam tersebut diatas sudah ada di Mikrotik RouterOS.

Berikut dibawah ini ialah cara blockir Situs Dengan Domain di Mikrotik RouterOS.

  • Masuk ke Mikrotik RouterOS melalui winbox (cara yang mudah).
  • Masuk ke sajian " IP > Firewall " dan pilih tab "Address Lists". Pada "Address List" dipakai untuk mendaftar domain yang akan diblockir.
  • Klik tanda "+" untuk menciptakan address list baru. Masukkan Nama (bisa diadaptasi dengan kebutuhan) dan Address (nama Domain yang akan diblockir) kemudian klik "Apply" dan "OK". Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya ialah masuk ke sajian "Filter Rules" pada jendela "Firewall".
  • Klik tanda "+" untuk menciptakan Rule baru. Masuk ke sajian tab "Advanced". Pada opsi "Dst. Address List" masukkan nama address list yang telah dibentuk tadi. Selanjutnya pada sajian tab "Action" pilih "opsi "drop". Lalu klik Apply dan OK. Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya ialah melaksanakan pengetesan. Jika website yang ingin diblockir tersebut tidak dapat diakses, berarti konfigurasi sudah benar.

Cara tersebut diatas tidak harus menyerupai itu, mungkin ada cara lain yang dapat dipakai untuk memblockir situs dengan domain di Mikrotik RouterOS. semoga bahasan ini dapat bermanfaat dan kalau ada pertanyaan dapat kirim melalui kolom komentar. Terima kasih.

Comments