Cara Memasang Fitur Live Chat Pada Hotspot Mikrotik Routeros

Bahasan kali ini yakni wacana cara memasang fitur Live Chat pada Hotspot Mikrotik RouterOS. Live Chat yang maksud yakni dipasang pada halaman login hotspot Mikrotik. Ada beberapa hal penting yang harus disiapkan. Ok saja, pribadi ke pembahasannya ya gan.

Fitur Live Chat pada Hotspot Login sanggup memperlihatkan manfaat bagi calon pengguna Hotspot. Calon pengguna Hotspot tersebut sanggup bernteraksi pribadi kepada penyedia terkait layanan hotspot. Misalkan saja wacana cara memperoleh user login hotspot, paket biaya hotspot, dan lain sebagainya.

Ada tiga point penting yang diperlukan untuk menciptakan fitur Live Chat pada Mikrotik routerOS. Ketiga point tersebut yakni sebagai berikut :

1. Mempersiapkan Aplikasi Live chat
2. Konfigurasi Hotspot Mikrotik Tambahan Untuk Aplikasi Live Chat
3. Edit File HTML pada login Hotspot Mikrotik RouterOS (minimal Edit pada login.html)


Berikut dibawah ini acalah cara memasang fitur Live chat pada Hotspot Mikrotik RouterOS.

Mempersiapkan aplikasi Live Chat
Ada berbagai aplikasi Live Chat ketika ini. Kalau secara umum ada aplikasi Telegram, Tawk.to dan lain sebagainya. Pada bahasan kali ini yakni memakai aplikasi Tawk.to. Kenapa memakai aplikasi ini? Ada banyak fitur yang didapat ketika memakai aplikasi ini. Fitur - fitur tersebut diantaranya yakni penyedia sanggup melaksanakan chat dahulu, peneydia sanggup memonitoring pengguna Hotspot, mendukung browser dan Android, Aplikasinya gratis dan lain sebagainya.

Berikut dibawah ini yakni cara menciptakan account untuk aplikasi Live Chat Tawk.to

1. Langkah pertama yakni mengakses tawk.to melalui browser. lakukan pendaftaran account ibarat pada umumnya.

2. Biasanya sehabis mendaftar account tawk.to, pengguna diminta untuk melaksanakan aktivasi yang sudah dikirim melalui email.

3. Setelah teraktivasi, login ke admin panel Tawk.to.

4. Langkah selanjutnya yakni menciptakan properti gres melalui sajian "administrator > Create New property"



6. Pilih pada sisi kiri "Site" dan masukkan "Site Name (terserah sesuai sobat - teman)" dan "Site URL (bisa domain atau IP Publik)". Lalu selanjutnya Klik tombol kanan bawah "Create". mana akan tampil ibarat pada gambar yang ada dibawah ini.


7. Simpan arahan widget yang berada di sebelah kiri gambar diatas. arahan widget tersebut nantinya dipasangkan pada halaman login hotspot Mikrotik RotuerOS.

8. hingga disini untuk persiapan aplikasi live chatnya sudah selesai.

Konfigurasi Hotspot Mikrotik Tambahan Untuk Aplikasi Live Chat

Ada konfigurasi pelengkap sehabis konfigurasi default hotspot Mikrotik RouterOS. jadi yang pertama dilakukan yakni menciptakan konfigurasi default (umum) pada Hotspot Mikrotik RouterOS. Langkah selanjutnya yakni menambahkan beberapa domain dari tawk.to untuk di bypass semoga tidak terblokir pada Hotspot Mikrotik routerOS.

Untuk langkah - langkahnya yakni sebagai berikut.

1. Untuk yang pertama, login ke Mikrotik melalui Winbox (supaya lebih gampang saja untuk konfigurasinya). Jika sobat - sobat terbisa dengan terminal, monggo memakai terminal juga tidak masalah.

2. langkah selanjutnya membuka jendela Walled Garden pada Hotspot Mikrotik RouterOS. Klik "IP > Hotspot" kemudian pilih sajian "Walled Garden".

3. Buat gres rule Walled Garden gres dengan konfigurasi "Action : Allow" dan "Dst.Host : *.tawk.to" lali klik sajian "Apply/OK"

4. Buat gres lagi actionnya sama dengan yang diatas dengan "Dst. Host : *tawk.link" dan klik Apply/OK.


Nah, hingga disini sudah selesai konfigurasi pelengkap untuk aplikasi live chat Hotspot Mikrotik RouterOS.

EDIT File Login.html Hotspot Login Mikrotik RouterOS
Langkah yang terakhir yakni melaksanakan edit pada file html login.html untuk hotspot.  Untuk langkahnya yakni sebagai berikut.

1. Download / copy dulu file login.html untuk hotspot Mikrotik. 

2. Buka file login.html tersebut memakai file editor ibarat Notepad atau Notepad++

3. Tambahkan arahan widget tawk.to yang disimpan (jika bingun, baca kembali artikelnya dari atas)

4. Tambahkan arahan widget tersebut telah dibawah </body> di login.html hotspot Mikrotik tersebut kemudian simpan.

5. Upload kembali file login.html yang telah diedit ke Mikrotik. dan dilakukan pengetesan
hingga disini cara memasang fitur Live Chat pada Hotspot Mikrotik RouterOS sudah selesai. Jika sukses maka fitur live chat tawk.to sanggup dipakai sebagaimana mestinya.

Comments