Cara Memasang Ssl Certificate Untuk Hotspot Mikrotik Routeros

Setelah kemarin membahas perihal Cara Menginstall Certificate SSL di Mikrotik RouterOS, maka kali ini akan membahas perihal penggunaan SSL Certificate pada salah satu layanan di Mikrotik RouterOS. Layanan yang dimaksud yakni memakai SSL Certificate untuk Hotspot di Mikrotik RouterOS.


Secara umum, Mikrotik RouterOS telah terdapat layanan Hotspot yang mana mengguna internet sanggup berinternetan dengan Hotspot area dengan perangkat yang menjalankan Mikrotik RouterOS. Pada hostpos Mikrotik RouterOS telah menyediakan page login sebelum penggunanya sanggup berinternetan. Kaprikornus sehabis pengguna terhubung dengan hotspot dan mencoba mengakses ke internet, pengguna akan diarahkan ke halaman page login terlebih dahulu kalau belum memasukkan username dan password.

Tapi, kadang ada suatu kondisi dimana terjadi problem dikala redirect (pengarahan) ke page login. Kaprikornus dikala pengguna mengakses situs yang memakai service https (misal google.com), maka akan terjadi error (Certificate problem) alasannya memang pada Hotspot Mikrotik RouterOS belum mempunyai certificate yang valid. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka certificate yang telah di install di Mikrotik RouterOS sanggup dimanfaatkan pada konfigurasi hotspot tersebut sehingga tidak terjadi problem lagi.

Berikut dibawah ini yakni cara memasang SSL Certificate untuk hotspot Mikrotik RouterOS.
  • Untuk langkah pertama yakni pastikan pada Mikrotik RouterOS telah terpasang Certificate SSL yang valid.
  • Masuk ke Mikrotik RouterOS (biar lebih gampang melalui winbox), dan buka jendela "IP > Hotspot".
  • Langkah selanjutnya yakni pilih tab hidangan "Server Profiles" dan klik dua kali (double click) pada profile hotspot yang akan dipasang certificate SSL. Sebagai pola yakni menyerupai pada gambar dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya yakni masuk ke tab hidangan "Login" pada jendela "Hotspot Server Profile". Beri tanda centang pada opsi "HTTPS". Dan pada opsi "SSL Certificate", masukkan certificae yang akan digunakan.

  • Langkah terakhir yakni klik hidangan "Apply" dan "OK" kemudian selanjutnya sanggup dilakukan pengetesan. Jika tidak ada problem, maka konfigurasi sudah benar.

Sampai disini, cara memasang SSL Certificate untuk Hotspot Mikrotik RouterOS sudah selesai. Semoga sanggup bermanfaat bagi yang membutuhkan. Salam.

Comments