Cara Memisahkan Dota 2 Watch Video Dan Game Di Mikrotik Routeros

Bahasan kali ini yakni wacana cara memisahkan Dota 2 Watch dan Game di Mikrotik RouterOS. Mungkin cara ini dapat bermanfaat untuk teman - teman yang punya warnet berbasis game. Bisa lebih efektif lagi mempunyai dua jalur internet (ISP) yang mana nanti dapat lebih di optimalin antara game dan watch dota.


Pada game dota 2 ada dua jenis koneksi yaitu untuk watch video dan game.  Watch video dipakai untuk menonton game yang sudah dimainkan atau mungkin pertandingan lain yang ada di game Dota 2. nah, pada Watch video ini membutuhkan bandwidth yang tidak mengecewakan besar. Berbeda dengan hanya game dota 2 saja yang mana membutuhkan koneksi yang stabil dan tidak perlu bandwidth yang besar.

Pada ketika bermain game Dota 2 (game yang lain juga) membutuhkan koneksi internet yang stabil dan latencynya semakin kecil semakin baik. Untuk Game Dota 2 ada indikasi pada layar dengan ping 40 (mungkin ada yang lebih tinggi) untuk dapat bermain dengan normal. Dan ketika Ping mencapai 70an maka game akan terasa lag. Apalagi ketika bandwidthnya dipakai untuk game dan watch video dota 2 secara bersamaan, dah tidak dapat dibayangin lagi.

IP server di Dota 2 (baik untuk game maupun Watch video) memakai block IP yang sama dan yang membedakan hanyalah port yang digunakan. Untuk Watch Video Dota 2 memakai port 80  pada block ip server yang sama dipakai Game Dota 2.

Gunakan 2 ISP Untuk Warnet Game (terutama Dota 2)
Memiliki 2 jalur ISP (backup) pastinya lebih baik untuk mengatasi kalau pada ISP utama down atau bermasalah. Kaprikornus ketika ISP Utama down maka dapat dipindah je jalur ISP Backup. Carilah ISP yang mempunyai kualitas cantik untuk ISP Utama dan kalau untuk ISP Backup dapat memakai yang biasa yang penting stabil ( kalau sama - sama cantik lebih baik)

Menggunakan Router Mikrotik untuk Pengaturan Jalur Game Dota 2
mengapa disarankan memakai Mikrotik? Karena untuk ketika ini, Mikrotik cukup gampang sekali untuk dikonfigurasi. Pengguna dapat melaksanakan pengaturan dengan basis GUI  atau Desktop dan dapat tinggal klik dan klik.

Konfigurasi Mikrotik RouterOS untuk jalur Game Dota 2 (bisa dipakai untuk game yang lain juga)
Pastikan sudah mengetahui IP Server game Dota 2. IP server tersebut di marking dan dipisahkan untuk game dan Watch Video Dota 2 memakai fitur Mangle di Mikrotik RouterOS. Lalu pisahkan antara jalur game pada ISP utama dan jalur Watch Video Dota 2 pada jalur ke ISP backup. Gunakan Mark-routing untuk mengatur jalur tersebut. Lalu buatlah jalur prioritas untuk game dan Watch Video Dota 2 memakai Queues yang ada di Mikrotik RouterOS tersebut. Dan langkah terakhir yakni melaksanakan uji coba.

Dengan menerapkan cara diatas diperlukan game Dota 2 (atau game yang lain) dapat berjalan dengan optimal tanpa ada lag dan untuk Watch video Dota 2 juga dapat diplay tanpa buffering.

Comments