Cara Menonaktifkan Paket Di Mikrotik Routeros

Paket di Mikrotik RouterOS sanggup diaktifkan dan dinonaktifkan. Misalkan di RouterBoard 750 yang mana secara default telah aktif paket Wireless. Nah, paket Wireless tersebut sanggup dinonaktifkan tetapi juga tidak dihapus. Kaprikornus semacam di freeze.


Menonaktifkan paket di Mikrotik RouterOS tentunya mempunyai manfaat yang lebih baik. Manfaat tersebut diantaranya yaitu meringankan beban kinerja perangkat sebab lebih sedikit paket yang diproses. Selain itu, kalau konfigurasi kan disisi sebelah kiri terdapat sajian yang banyak, bila di nonaktifkan kemungkinan sajian tersebut juga berkurang. Nah, dengan berkurangnya sajian tersebut maka sanggup mempermudah pencarian sajian ketika sedang konfigurasi Router Mikrotik.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan Paket di Mikrotik RouterOS? Nah, untuk menonaktifkan paket tersebut cukup mudah. Bisa dilakukan melalu iaplikasi remote yang familiar ketika ini yaitu winbox. Pengguna tinggal masuk ke sajian "System > Package", maka muncul jendela Package List. Pada jendela tersebut terdapat berbagai paket yang telah terpasang. pilih paket yang akan dinonaktifkan dan klik sajian Disable. Maka secara otomatis dari sistem Mikrotik RouterOS tersebut akan menjadwalkan disable paket ketika perangkat di restart.

Jadi untuk disable atau menonaktifkan paket di Mikrotik RouterOS membutuhkan proses restart perangkat. Setelah perangkat final di restart maka paket tersebut telah terdisable atau nonaktif.

sampai disini proses menonaktifkan Paket di Mikrotik RouterOS telah selesai. Semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan sanggup dikirim melalui kolom komentar. Terima kasih.

Comments