Fitur Ip Cloud Di Mikrotik Routeros Untuk Solusi Dynamic Ip Public.

Apakah IP Cloud itu? Ya, mungkin teman - teman yang belum tahu IP Cloud pastinya akan bertanya - tanya. Fitur IP Cloud yaitu fitur dimana system menyediakan dinamik dns untuk IP publik yang dinamik. Ada yang pernah mendengar service DDNS (dynamic DNS)? ya, kira - kira menyerupai itulah. Lalu untuk apa fitur IP Cloud yang ada Mikrotik RouterOS? Mari bahas lebih jauh.

IP Cloud di Mikrotik RouterOS hadir mulai versi 6.14 yang mana menyediakan layanan mungkin sanggup dikatakan DDNS. Kalau di Mikrotik versi 6.37.3 sudah disebutnya dengan nama DDNS. Fitur IP Cloud untuk solusi pada perangkat Router yang memakai IP Publik yang dinamik. Sebagai teladan ialah saat berlangganan internet yang menunjukkan IP Publik Dynamic. Kan secara otomatis saat jaringan putus dan nyambung lagi, IP Public pada router akan berubah - ubah. Untuk manfaat IP Cloud lebih pada untuk susukan router atau perangkat Mikrotik dari jaringan Luar (bisa juga ada manfaat yang lain).

Jika memakai layanan IP Public yang berubah - ubah, pastinya akan kesulitan untuk mengingat IP Public pada Router tersebut. Nah, dengan fitur IP Cloud di Mikrotik pengguna tidak perlu mengingat IP public router dan cukup mengingat DNS dari IP Cloud yang ada di Mikrotik. Jadi, untuk mengakses router atau perangkat baik melalui winbox atau web tidak lagi memakai IP Public tetapi sanggup diganti dengan memakai DNS yang ada di IP Cloud tersebut. Kaprikornus fitur IP Cloud sanggup memudahkan untuk mengakses perangkat atau router melalui jaringan luar.

Kalau dari denah IP Cloud tersebut mungkin menyerupai ini. Ketika fitur IP Cloud di aktifkan, maka secara otomatis terhubung ke server mikrotik. Dan dari Server Mikrotik tersebut menunjukkan dns untuk perangkat tersebut dan mencatat IP Publiknya. Ketika IP Publiknya berubah, maka secara otomatis juga ada update ke server Mikrotik.

Comments