Inilah Cara Setting Ip Cloud Di Mikrotik Routeros

Pada bahasan kali ini yakni cara untuk melaksanakan setting IP Cloud di Mikrotik RouterOS dan cara melaksanakan pengetesannya. Nah, untuk kebutuhan yang dipakai yakni Perangkat Router Mikrotik RouterOS (RB450G), koneksi internet dengan IP Publik yang dinamik, Perangkat komputer untuk remote dan pengetesan, Dan kabel jaringan. Untuk kebutuhan tidak harus menyerupai yang disebutkan diatas, dapat diubahsuaikan dengan kebutuhan.

Untuk pertama yang dibahas yakni cara setting IP Cloud di Mikrotik RouterOS (RB450G). Langsung kita bahas saja alasannya caranya juga cukup mudah.

  • Untuk yang pertama yakni masuk ke Mikrotik RouterOS (menggunakan Mikrotik RouterOS versi 6.29.1) melalui sajian winbox.
  • Pada jendela utama, pilih meu IP > Cloud . Maka muncul jendela Cloud.
  • Untuk langkah selanjutnya yakni membari tanda centang pada opsi "DDNS Enabled" dan "Update Time". Setelah final klik sajian Apply dan OK. Selanjutnya, kolom pada " Public Address" (berisi IP Publik internet yang dinamik) dan "DNS Name" (berisi domain yang diperoleh dari server mikrotik) terisi secara otomatis sehabis memperoleh update dari server mikrotik.


Sampai disini untuk konfigurasi IP Cloud di Mikrotik RouterOS sudah selesai. Nah, untuk langkah selanjutnya yakni melaksanakan pengecekan dengan mengakses melalui winbox, web Mikrotik.

Untuk yang pertama yakni pengetesan melalui winbox. Masukkan domain name yang ada di IP Cloud dan masukkan username dan password kemudian klik sajian Connect. Jika berhasil login berarti konfigurasi sudah benar. Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini. Oh ya, pastikan untuk komputer yang dipakai pengetesan juga terhubung ke internet.


Untuk yang kedua yakni melaksanakan pengetesan melalui web mikrotik. Caranya yakni masukkan dns name yang ada di IP Cloud pada address kafe di browser kemudian masukkan username dan password, kemudian klik sajian login. Jika lancar maka dapat masuk ke sistem Mikrotik melalui web browser tersebut. Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.



Saampai disini semua sudah selesai. Bagi teman - teman yang ada pertanyaan atau berbagi, dapat melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Comments