Menyesuaikan Waktu Di Mikrotik Routeros Dengan Sntp Client

Bahasan kali ini ialah perihal menyesuaikan waktu di Mikrotik RouterOS dengan SNTP Client. Pada beberapa perangkat RouterBoard Mikrotik tidak terdapat CMOS baterai atau sejenisnya sehingga untuk menyesuaikan waktu harus di setting secara manual setiap kali perangkat dinyalakan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Mikrotik RouterOS sudah terdapat fitur SNTP Client.


Sebagai pola perangkat RB750. Pada perangkat tersebut tidak terdapat CMOS baterai. Hal tersebut tidak sanggup menyimpan konfigurasi waktu biar sesuai dengan hari ini. Ketika waktu sudah di setting sesuai pada hari ini, sehabis direstart maka settingan itu hilang dan waktu ter-reset sesuai sistem awal. Pastinya kondisi ini sangat menyusahkan jika saja setiap waktu direstart harus setting ulang waktunya.

Waktu yang terdiri dari jam dan tanggal sangatlah penting bagi seorang administrator. Waktu tersebut harus sesuai dengan kondisi ketika ini. Ketika ketika ini jam 4 sore, maka Pada perangkat baik server ataupun router juga harus sama yaitu jam 4 sore. Fungsi dari pembiasaan waktu ini ialah untuk log/history. Pastinya setiap insiden atau adanya duduk masalah dicek terlebih dahulu pada sistem log/history yang mana menampilkan waktu terjadinya duduk masalah tersebut. Dengan kondisi tersebut akan mempermudah dalam proses perbaikan. Jika waktu tersebut tidak sesuai dengan kondisi ketika ini, pastinya kadang akan menyebabkan lebih usang ketika perbaikan.

Fitur SNTP Client inilah yang sanggup dipakai untuk mengatasi atau mempermudah pembiasaan waktu yang ada diperangkat yang tidak mempunyai CMOS baterai. Dengan pengaturan tersebut, maka sehabis router di restart tidak perlu lagi melaksanakan setting waktu dan sudah otomatis sesuai dengan kondisi ketika ini.

Skema dari SNTP Client ini ialah pada perangkat melaksanakan request pada SNTP server untuk menyesuaian waktu yang ada pada SNTP Server. Lalu dari SNTP Server memperlihatkan balasan dari request tersebut. Makara menyerupai ada proses sinkronisasi antar perangkat.

Comments