Penyebab Dan Cara Mengatasi Tidak Dapat Login Mikrotik Memakai Ip

Hai teman  Routeros Mikrotik, pada tutorial kali ini kita akan membahas perihal penyebab dan cara mengatasi tidak dapat login ke mikrotik via winbox memakai IP, tapi kalau login memakai Macc Address dapat login menyerupai biasa.

A. Permasalahan
(Artikel dan Video Tutorial nya sudah dapat di download, linknya di bawah ya)
Singkat cerita, untuk meremote mikrotik biasanya saya memakai komputer kantor yang sering saya gunakan (sebut saja PC A) sehingga history loginnya ada atau tersimpan di winbox, dan dikala saya ingin meremote mikrotik tinggal klik "login" saja, tidak perlu mengisi kolom login / username dan password mikrotik.

Suatu hari, ada salah satu user yang mengalami duduk masalah jaringan dan mengharuskan saya untuk meremote mikrotik, tapi alasannya user ini belum pernah mengakses mikrotik dan saya ga hafal mac address mikrotik,  maka saya coba login memakai IP. Ketika saya coba login memakai IP ternyata tidak bisa, malah muncul pesan "could not connect to 192.168.1.1".

Hal pertama yang saya lakukan ialah mencoba login di komputer lain termasuk komputer saya sendiri dan akhirnya tetap saja tidak dapat login ke mikrotik via IP, tapi dikala saya coba login memakai Mac address, sukses berhasil login.

Setelah berhasil login, hal ke dua yang saya lakukan ialah mengecek semua konfigurasinya mulai dari firewall, nat, IP dan konfigurasinya, siapa tau ada konfigurasi yang tak sengaja saya ubah dan belum di kembalikan menyerupai konfigurasi asalnya.

B. Service Port Mikrotik
Sebelum kita membahas solusinya, alangkah baiknya simak klarifikasi singkat berikut mengenai service-service yang di gunakan mikrotik berserta port yang di gunakannya,secara default service port mikrotik ada 8, kalian dapat melihatnya pada sajian IP > Service atau tuliskan script berikut #ip service print,. Berikut ini ialah service-service yang di gunakan mikrotik beserta 8 port defaultnya :
NoServicesPort
1Api 8728 
2Api-ssl 8729 
3FTP21
4SSH22
5Telnet23
6Winbox 8291 
7www80
8www-ssl 443
Penjelasan lengkapnya :
Untuk klarifikasi lengkap mengenai fungsi dari service yang ada pada mikrotik dan port mana saja yang dapat kita gunakan, kalian dapat mempelajarinya di artikel berikut :
Mengamankan Mikrotik Dengan Memblokir Akses Service Port
C. Penyebab
Jika kalian mengalami hal menyerupai ini dan masih dapat masuk ke mikrotik, hal yang harus kalian cek ialah konfigurasi service port routerboard yang di gunakan, klik sajian IP > Service, sehingga muncul kolom menyerupai ini :

Pantas saja saya tidak login ke mikrotik memakai IP, baik di winbox maupun di web browser, hal itu alasannya konfigurasi port untuk www dan winbox berubah, yang defaultnya 8291 untuk winbox berkembang menjadi 8292, dan untuk port www yang defaultnya 80 berkembang menjadi 81.

Setelah saya ingat-ingat, ternyata port tersebut berubah alasannya saya pernah mengubah portnya untuk alasan keamanan mikrotik, alasannya pada waktu itu, mikrotik saya di bobol dan mengubah semua konfigurasinya termasuk service port, sehingga saya tidak dapat mengakses mikrotik, baik via IP dan mac address di semua service (winbox, web browser, telnet, dan SSH), Akhirnya saya tetapkan untuk mereset mikrotik sehingga semua konfigurasi akan terhapus atau kembali ke konfigurasi defaultnya dan konfigurasi ulang.

Namun selain alasannya saya lupa pernah mengubah konfigurasi service port, ternyata pada kondisi tertentu service port mikrotik dapat berubah dengan sendirinya, maka dari itu kalau kalian mengalami hal ini dan ingin dapat mengakses mikrotik via IP, cobalah lakukan hal-hal berikut :

D. Solusi
1. Via Winbox
Jika port defaultnya berubah tanpa sepengetahuan kalian, maka ubahlah port tersebut ke port defaultnya, caranya double klik service yang ingin di ubah, misalnya di sini saya akan mengubah service port winbox, kemudian pada kolom Port ganti portnya menjadi 8291 dan kosongkan kolom avaliable from, kalau sudha klik OK. (Lakukan hal yang sama terhadap port lainya)


2. Via Script
Untuk via script, kita dapat mengecek service port yang di gunakan memakai perintah : 
# ip service print
keterangan :
ip service : adalah posisi dari fitur service di system mikrotik
print : salah satu perintah dasar mikrotik untuk menampilkan sebuah isi dari konfigurasi


Sebelum kita mengubah / mengedit service port, perhatikan terlebih dulu urutan dari service yang akan di ubah (lihat kolom sebelah kiri), misalnya di sini saya akan mengubah service winbox yang ada pada urutan 6, sehingga scriptnya menyerupai ini :


Keterangan : 
ip service : posisi dari fitur service
edit : perintah dasar mikrotik yang di gunakan untuk mengedit konfigurasi
6 : ialah urutan dari service winbox
port : item yang akan di ubah


pada gambar di atas, ubahlah portnya menjadi port default, alasannya service winbox, maka saya ubah menjadi 8291, kemudian tekan CTRL + O untuk save and exit.
Setelah mengubah port, langkah selanjutnya kosongkan kolom avaliable form (jika kolom avaliable ada isinya), caranya sama saja, tuliskan script #ip service edit 6 address, kemudian kosongkan isinya dan tekan CTRL + O.

untuk melihat perubahanya, tuliskan kembali script #ip service print
Jika portnya sudah di ubah, cobalah untuk tes login ke mikrotik memakai IP atau macc address, baik via winbox maupun web browser, seharusnya kalau konfigurasi benar, kita dapat mengakses mikrotik dari mana saja.

E. Download Artikel Dan Video Tutorial
Klik link di bawah ini sesuai keingnan kalian ya :
 Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)

Saya rasa hanya itu saja pembahasan kita pada tutorial kali ini mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Mikrotik Menggunakan IP, biar artikel ini dapat membantu / menjadi solusi untuk memecahkah duduk masalah yang sedang kalian alami, sekian tutorial kali ini, terimakasih,
Salam Admin Routeros Mikrotik :D 

Comments