Sembilan Monitoring Tools Di Mikrotik Routeros

Monitoring Tools sangat penting bagi seorang direktur jaringan. Saking pentingnya, setiap hari niscaya digunakan. Monitoring Tools sangat bermanfaat bagi seorang direktur untuk mengetahui down time, untuk trouble shooting, dan lain sebagainya. Nah, dikala ini ada berbagai monitoring tools jaringan untuk memonitoring sistem. Nah apakah di Mikrotik RouterOS juga ada monitoring Toolsnya??


Mikrotik RouterOS sudah dilengkapi fitur Monitoring Tools. Dan pastinya monitoring tools tersebut sangat bermanfaat.

1. ping
Fitur ping biasanya dipakai untuk monitoring secara langsung. misalkan ping ke internet, ke ip komputer lokal, ke server, dan lain sebagainya. Yang menjadi prioritas yang dimonitoring yaitu pada latency. fitur ping ini memanfaatkan protokol icmp untuk mengetahui latency dari tujuan atau destination tertentu.

2. traceroute
Fitur Traceroute juga memanfaatkan ping juga tetapi lebih ditekankan pada jalur yang dilewati untuk menuju ke tujuan / destination tertentu. jadi dengan memakai traceroute, admin atau teman - teman dapat mengetahui jalur mana saja yang dilewati ketika menuju tujuan tertentu.

3. Graphing
Fitur Graphing berupa grafik monitoring. Biasanya lebih ke penggunaan bandwidth. Fitur ini dapat dipakai untuk trafik pada ether sehingga dapat mengetahui penggunaan bandwidth dalam kurun waktu tertentu.

4. Queue
Sebenarnya Queue lebih berfungsi untuk management bandwidth. Tetapi dengan memanfaatkan Queue tersebut, maka dapat mengetahui atau memonitoring penggunaan bandwidth pada komputer atau pelanggan.

5. Torch
Monitoring Tool yang satu ini agak berbeda. Karena yang dimonitoring bukan latency atau bandwidth. Tetapi yang dimonitoring yaitu trafik. Makara dengan torch maka admin dapat mengetahui port dan ip yang dituju oleh sumbernya (yang dimonitoring). 

6. Netwatch
Netwatch juga salah satu monitoring tools. Netwatch dapat berfungsi kalau dikombinasikan dengan fitur lain sehingga dapat dipakai untuk monitoring. Misalkan saja Netwatch dikombinasikan dengan email, messager telegram, dan lain sebagainya. Makara ketika kondisi tertentu dengan Netwatch tersebut dapat mengirimkan email terkait jaringan putus dan nyambung.

7. SMS
Fitur SMS ini dapat dipakai untuk monitoring dengan memakai script tambahan. Dengan script pemanis tertentu maka dapat dipakai untuk monitoring. Mungkin ketika jaringan putus atau nyambung maka secara otomatis akan mengirimkan sms.

8. SNMP
Dengan memanfaatkan fitur SNMP ini, dapat dikombinasikan dengan MRTG Cacti untuk menciptakan monitoring. Ada banyak yang dapat dimonitoring misalkan bandwidth, lifetime, cpu, dan lain sebagainya.

9. The Dude
Yang terakhir yaitu The Dude. Mungkin aplikasi ini bangkit sendiri. Tetapi dengan memanfaatkan SNMP yang ada di Mikrotik RouterOS maka dapat memonitoring banyak hal. menyerupai monitoring penggunaan bandwidth, latency, dan lain sebagainya.

Nah, itulah sembilan monitoring Tools di Mikrotik RouterOS yang dapat dimanfaatkan untuk monitoring. Jika teman - teman ada tool monitoring lain di Mikrotik RouterOS, dapat dituliskan dikolom komentar. Terima kasih.

Comments