Setting Cepat Mikrotik Routeros Dengan Fitur Quick Set Melalui Winbox

Selain fitur Manual yang ada di Winbox, ada juga fitur cara setting cepat Mikrotik RouterOS dengan fitur Quick Set. Fitur Quick Set merupakan konfigurasi umum ketika menciptakan router pada perangkat yang menjalankan Mikrotik RouterOS. Jika teman - teman pengguna awam Mikrotik RouterOS dan hanya mengetahui dasar perihal jaringan, mungkin dengan fitur Quick Set ini membantu memudahkan dalam konfigurasi Router.

Penulis sendiri kurang tahu pastinya kapan fitur Quick Set ini hadir di winbox atau di Mikrotik RouterOS. Tetapi ketika penulis memakai Mikrotik RouterOS versi 6 keatas dan aplikasi winbox yang terbaru ketika ini yaitu 3.7, nampak muncul fitur Quick Set. Dan hingga ketika ini penulis juga belum pernah mencoba untuk mengkonfigurasi Router di Mikrotik RouterOS dengan fitur Quick set tersebut.

Pada Fitur Quick Set di Mikrotik RouterOS nampak ada dua konfigurasi dasar yaitu perangkat Mikrotik tersebut akan di setting Router atau di setting Bridge. Untuk internet WAN (Internet) terdapat tiga opsi konfigruasi pada ip address, yaitu Static ( konfigurasi IP Address secara manual ), Automatic ( konfigurasi IP Address secara otomatis (DHCP) ) , dan yang terakhir yakni PPPoE ( Konfigurasi IP Address dengan dial Up ( misalnya untuk pengguna indihome atau speedy).

Pada Lokal Network (LAN) terdapat opsi untuk konfigurasi IP Address jaringan LAN (lokal). Nah konfigurasinya ada tiga mode juga yaitu Bridge All LAN Ports, DHCP Server, atau NAT. Untuk konfigurasi sistemnya ada setting Password dan Router Identity.

Nah, teman - teman tertarik mencoba untuk setting Router Mikrotik dengan fitur Quick Set melalui winbox? Selamat mencoba dan jikalau ada pertanyaan sanggup ditulis melalu ikolom komentar. Terima kasih.

Comments