System Log Di Mikrotik Untuk Menampilkan Status Isu Sistem

System log Di Mikrotik untuk menampilkan status gosip sistem. Kaprikornus setiap ada aktivitas tertentu pada perangkat Router Mikrotik tersebut, maka dari sistem log tersebut akan menampilkan keterangan. Sistem log ini sangat bermanfaat bagi direktur jaringan terutama pengguna Mikrotik RouterOS.

Dari gosip wiki Mikrotik menjelaskan bahwa log system sanggup disimpan pada memori ram router (RAM), disk, file, dan dikirim ke email. Kaprikornus nampaknya ada banyak media yang sanggup dipakai untuk menampilkan atau menyimpan log system Mikrotik RouterOS. Jika mempunyai disk space yang besar, maka tidak perlu kuatir untuk menyimpan log di disk. Jika perangkat Mikrotik mempunyai memori RAM kecil, disk space kecil, maka ada cara lain adalah dikirim ke email.

System log biasanya dipakai untuk melihat apa yang terjadi pada perangkat. Misalkan kabel jaringan lepas, maka log di Mikrotik routerOS menampilkan log bahwa ether down dan juga menjelaskan ether mana yang telah sempat down tersebut. Pada jaringan Networking yang sdah global, system log sangat penting alasannya sanggup memantu untuk proses troubleshooting saat terjadi gangguan jaringan. Dengan melihat system log tersebut maka sang admin sanggup pribadi memilih langkah perbaikan yang lebih cepat. 

Ada banyak system log yang ditampilkan pada log. yang ditampilkan di log Mikrotik misalkan ihwal ether up dan down, user hotspot login dan keterangan lainnya, koneksi wireless, dan lain masih banyak lagi. Pada Mikrotik routerOS juga terdapat fitur untuk melaksanakan pengaturan log mana yang akan ditampilkan pada system log. Nah, lognya tersebut sanggup diatur sesuai dengan kebutuhan.

Comments