Tools Dan Utility Untuk Mikrotik Routeros

Dari Mikrotik.com telah menyediakan tools dan utility untuk Mikrotik RouterOS. Tool ini sangat bermanfaat pagi pengguna Mikrotik RouterOS, apalagi telah memakai Mikrotik RouterOS pada jaringan yang besar. Nah, Apa saja Tools dan Utility yang telah disediakan oleh Mikrotik??



Tools yang pertama dan paling sering dipakai oleh pengguna Mikrotik RouterOS ialah winbox (menurut penulis ya,..). Kenapa sanggup begitu? jika berdasarkan pengalaman penulis memang lebih sering memakai winbox daripada tools dan utility yang lainnya. Sangat gampang dipakai dan berbasis GUI. Dan kebanyakan dari teman - teman penulis yang memakai Mikrotik RouterOS juga memakai winbox. Tools winbox sanggup diunduh gratis di mikrotik.com. Download versi yang terbaru untuk memperoleh pengalaman yang maksimal.

Tools atau utility yang kedua ialah NetInstall. Pada artikel yang kemarin juga pernah dibahas kegunaan dari Netinstall. NetInstall dipakai untuk menginstall gres (Fresh Install) Mikrotik RouterOS. Dan caranya cukup mudah. Praktis - mudahan nanti sanggup dituliskan artikel cara menginstall Mikrotik melalui NetInstall pada blog ini.

Yang selanjutnya ada Wireles Link Calculator. Nah, utility ini biasanya dipakai untuk perangakt outdoor. Wireless Link Calculator biasanya dipakai untuk menganalisa dikala pointing dilapangan. Tetapi meskipun sudah ada Tools Wireless Link Calculator, tetap saja harus dianalisa lagi sesuai dengan kondisi lapangan.

Tools yang selanjutnya ialah Btest. Btest ini dipakai untuk mengetest kualitas link dan bandiwdth yang sanggup dilewati antar dua perangkat.

Dan masih ada tools lain yang sanggup dipakai untuk mengoptimalkan Mikrotik RouterOS diantaranya ada Traft, Neighbour, Putty, dan lainnya. Semoga dengan artikel ini sanggup menunjukkan pemanis wawasan bagi teman - teman pembaca dan penulis pribadi.

Comments