Tutorial Cara Setting Blokir Situs Memakai Address List Di Mikrotik Routeros

Beberapa waktu yang kemudian ada dari teman - teman yang telah menanyakan cara setting blokir situs memakai Address List di Mikrotik RouterOS. Nah, diartikel sebelumnya telah membahas bagaimana cara memblokir situs memakai address list di mikrotik routeros secara teori. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tutorial cara setting blokir situs. Kaprikornus bahasan kali ini lebih ke teknis dan bukan teori.

menyerupai biasa, nanti didalam artikel ini ada capture atau screenshot dari settingannya. Dengan keinginan nantinya teman - teman dapat memahami dan mempelajarinya lebih mudah. OK, tidak perlu basa - busuk panjang lebar pribadi saja mari kita ke tutorial cara setting blokir situs memakai address list di Mikrotik RouterOS.

Blokir dengan Address List di Mikrotik RouterOS
Berikut dibawah ini yakni Tutorial lengkapnya.

1. Untuk yang pertama pada artikel ini, penulis memakai Mikrotik RouterOS versi 6.42.3. Nah, mungkin cara dapat saja berbeda dengan versi yang berbeda. Tetapi meskipun begitu, settingannya hampir menyerupai kok.

2. Membuat list terlebih dahulu situs yang akan di blokir. Nah, penulis misalkan ingin melaksanakan blokir situs google.com dan facebook.com. Oh ya, pada artikel ini, penggunakan perkiraan bahwa router sudah di setting dengan benar sehingga dari client atau jaringan lokal dapat mengakses internet.

3. Langkah selanjutnya yakni memasukkan daftar situs yang akan di blokir tersebut diatas ke router Mikrotik RouterOS. Kaprikornus login ke Mikrotik routerOS terlebih dahulu melalui winbox (biar lebih mudah) kemudian buka jendela address list. Untuk aksesnya yakni " IP > FIREWALL > ADDRESS LIST". Untuk misalnya menyerupai pada gambar dibawah ini.


4. Langkah selanjurnya yakni menciptakan rules yang berfungsi untuk memblokir situsnya. Untuk menciptakan rules melalui "IP > FIREWALL > FILTER RULES". Buatlah Rules baru yang nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.


5. Pada dikala menciptakan rules gres pada bab general di setting default saja (dilewati). Buka tab "Advanced" dan pada bagian  "dst-address-list" masukkan nama dari address list yang telah dibentuk tadi (point 3). Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.


6. Lalu dilanjutkan masuk ke tab "Action". Dan dibagian "Action pilih opsi "DROP". kemudian klik "OK". Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.


7. Nah, hingga disini untuk konfigurasinya sudah selesai dan langkah yang terakhir melaksanakan mengetesan. Jika konfigurasi sudah sempurna harusnya situs yang sudah di masukkan ke dalam address list tersebut sudah terblokir. Untuk pengetesan dapat melalui komputer lokal / client dengan mengkses situs melalui browser ataupun melalui command promt (CMD/CONSOLE).


Sampai disini tutorial cara setting blokir situs memakai Address list di Mikrotik RouterOS sudah selesai. bila teman - teman ada pertanyaan, dapat menuliskannya di kolom komentar yang ada dibawah ini. Sehingga kedepannya dapat membantu teman - teman yang lain melalui kolom komentar.

Comments