Membuat Agenda Input Biodata Mahasiswa C++ #Lat12

Hai teman Routeros Mikrotik, pada tutorial kali ini kita akan berguru cara menciptakan kegiatan Biodata Mahasiswa, di mana pada kegiatan ini kita akan menginput nama mahasiswa, NPM (no pokok mahasiswa) atau dapat dengan no ID lainya, dan alamat dari mahasiswa.

Pada kegiatan ini kita akan berguru cara memakai tipe variabel char, yaitu tipe variabel yang di gunakan untuk karakter misalnya ibarat huruf, angka dan simbol-simbol, selain itu kita akan berguru cara memakai preprocessor gres yaitu #include<stdio.h> dan statement gres yaitu gets(), oke ayo kita mulai tutorialnya :


1. Persiapan
Dalam tutorial ini aku memakai software code block, terlepas dari itu apapun software yang di gunakan buatlah sebuah project / file gres terlebih dulu, kalau sudah silahkan tuliskan script berikut :

2. Coding
Di halaman source code, tuliskan script berikut :
Catatan :
Admin menonaktifkan fitur copy-paste, tujuanya ialah untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis, sehingga kalian dapat lebih memahami dari script yang di tuliskan dan berguru cara menulis script :D.
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-12
// Nama Program : Biodata Mahasiswa
// Pembuat : Routeros Mikrotik

#include <iostream>
#include <stdio.h>
using namespace std;

int main()
{
    char nama[50],alamat[100],npm[10];

    cout<<"Masukan Nama = ";
    gets(nama);

    cout<<"Masukan NPM = ";
    gets(npm);

    cout<<"Masukan Alamat = ";
    gets(alamat);
    cout<<endl<<endl;


    cout<<". : Biodata Mahasiswa : .";
    cout<<endl;

    cout<<"Nama : "<<nama;
    cout<<endl;

    cout<<"NPM : "<<npm;
    cout<<endl;

    cout<<"Alamat : "<<alamat;
    cout<<endl;

}

3. Jalankan Program
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan kegiatan di Code Block klik menu Build > Build and Run,

4. Keterangan Script & Cara Kerja Program
a. Script Komentar / Keterangan
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-12
// Nama Program : Biodata Mahasiswa
// Pembuat : Routeros Mikrotik

Fungsi dari script tersebut hanya sebagai komentar saja, biasanya script ini di gunakan sebagai klarifikasi / keterangan dari suatu kegiatan / perintah. Kita dapat memakai script ini dimana saja, ada atau tidak adanya script ini tidak akan besar lengan berkuasa terhadap program. Cara penggunakan script ini sangalth gampang kita hanya perlu menuliskan script "//dan di ikuti dengan komentar / penjelasan.

 b. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor,  dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melaksanakan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.

c. #include <stdio.h>
salah satu preprocessor yang di gunakan untuk menjalankan script gets().

d. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, alasannya pada fungsi iostream, untuk menjalankan kegiatan kita harus memakai script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya.

e. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga instruksi ini harus ada di setiap kegiatan C++ dan tidak semuanya harus integer (int), alasannya selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang dapat di gunakan.

f. Kurung kurawal "{" dan "}"
Setiap penulisan script sehabis fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini menandakan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan bab dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())

g. char nama[50], alamat[100],npm[10]
  • char : merupakan tipe variabel yang sering di gunakan untuk input data karakter (huruf, simbol, angka) ibarat nama, sebuah alamat lengkap, dan ID
  • nama, alamat, npm : ialah variabel data yang di buat sesuai harapan kita sebagai pembuat program.
  • [50], [100], [10] ialah batas maksimal karakter yang dapat di input, jumlahnya dapat di atur sesuai keinginan, sehingga untuk input nama aku batasi 50 karakter, alamat = 100 karakter, dan NPM 10 karakter.
h. cout<<"Masukan Nama = ";
  • Cout << adalah perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan bab dari liblary iostream
  • "Masukan Nama = " adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan final kata.
i. gets(nama);
Fungsinya hampir sama dengan cin, yaitu untuk memasukan data yang di input ke variabel yang ada di dalam kurung (nama), fungsi lainya yaitu untuk memasukan data / kata yang mempunyai lebih dari satu kata (ada spasi), sehingga hasil output akan sama dengan input.
misalnya dikala user input "Routeros Mikrotik",
  • jika kita menggunakn cin<<nama;. maka dikala variabel nama di ambil dan di tampilkan, yang keluar hanyalah "Blues" saja,
  • Lain halnya kalau kita memakai gets(nama);, maka kegiatan akan menampilkan semua data yang di input "Routeros Mikrotik"
j. cout<<endl<<endl;
  • cout<<endl ialah script yang di gunakan untuk menciptakan baris gres pada program, fungsinya sama ibarat tombol enter pada keyboard. (script ini di gunakan untuk menciptakan satu baris baru)
  • <<endl; : kalau kita ingin menciptakan lebih dari 1 garis baru, cukup tambahkan script ini saja di belakang statement, misalnya ibarat script cout<<endl<<endl;, maka kegiatan akan menampilkan / menciptakan 2 garis baru.
k. cout<<"Nama : "<<nama;
Dengan script ini maka kegiatan akan menampilkan sebuah kata "Nama : " dan diikuti dengan data yang telah di input variabel nama, misalnya kalau user menginput "Routeros Mikrotik", maka kegiatan akan menampilkan "Nama : Routeros Mikrotik"

l. Sekian
mungkin hanya itu saja yang dapat admin jelaskan pada tutorial kali ini mengenai Cara Membuat Program Biodata Mahasiswa di C++, sekian dan terimakasih, salam admin Routeros Mikrotik :D.

Comments