Membuat Agenda Menukar Variabel C++ #Lat3

Hai teman Routeros Mikrotik, di tutorial latihan ke 3 ini, kita akan mencar ilmu cara menciptakan kegiatan Menukar variabel, dimana dengan kegiatan ini saat kita menginput sebuah nilai untuk variabel A, maka nilai terebut akan menjadi milik variabel B dan begitu pun sebaliknya, nilai dari variabel B akan menjadi nilai variabel A.

Logika dari kegiatan ini ialah saat kita memiliki 2 gelas yang sudah terisi dengan minuman, dimana gelas A berisi jus dan gelas B berisi susu, sebab suatu hal kita akan menukarnya sehingga gelas A berisi susu dan gelas B berisi jus, pertanyaanya cara apa yang akan kalian gunakan untuk menukarnya ?. Tentunya kita akan mengambil satu buah gelas kosong sebut saja gelas C, dan hal yang akan kita lakukan ialah :
  1. Menuangkan isi dari gelas A ke gelas C, sehingga gelas A kosong dan gelas C berisi Jus.
  2. Dalam keadaan gelas A kosong, kita akan menuangkan isi dari gelas B ke gelas A, sehinnga gelas B kosong dan gelas A berisi susu.
  3. Dalam keadaan gelas B kosong, kita akan menuangkan isi dari gelas C ke gelas B, sehinnga gelas B berisi jus dan gelas C kosong menyerupai semula.
Dari langkah-langkah itulah kita akan membuatnya menjadi sebuah kegiatan untuk menukar variabel, adapun cara untuk menciptakan sebagai berikut :

1. Buat File Baru
Sebagai langkah persiapan, buatlah sebuah file / project baru, bila sudah lanjut ke langkah ke dua

2. Coding
Di halaman source code, tuliskan script berikut, bila sudah di tuliskan jalankan kegiatan :

3. Jalankan Program
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan kegiatan di Code Block klik menu Build > Build and Run,

4. Keterangan Script & Cara Kerja Program

a. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor,  dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melaksanakan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.

b. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, sebab pada fungsi iostream, untuk menjalankan kegiatan kita harus memakai script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya.

c. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga instruksi ini harus ada di setiap kegiatan C++ dan tidak semuanya harus integer (int), sebab selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang dapat di gunakan.

d. Kurung kurawal "{" dan "}"
Setiap penulisan script sehabis fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini membuktikan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan kepingan dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())

f. int a,b,c;
  • int smerupakan tipe data yang dipakai untuk bilangan bundar menyerupai ..... -2, 1, 0, 1, 2 .....
  • a, b, c merupakan variabel data yang di buat sesuai impian kita, fungsinya yaitu sebagai kawasan untuk menyimpan data yang di input. 
  • ; (titik koma) script yang harus ada di setiap tamat statement
g. cout<<"Masukan Nilai A = ";
Ketika kegiatan di jalankan maka kegiatan akan menampilkan kata "Masukan Nilai A = ", kemudian tuliskan sebuah angka (bebas) misalkan 10 dan tekan enter
  • Cout << ialah perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan kepingan dari liblary iostream
  • "Masukan Nilai A = " adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan tamat kata.
h. cin >> a;
Ketika kita menekan enter, maka kegiatan akan memasukan angka yang masukan ke variabel a.
  • cin >> perintah yang di gunakan untuk memasukan data yang di input ke variabel
  • a ialah variabel yang telah di buat sebelumnya
i.  cout<<endl;
Script yang di gunakan untuk menciptakan baris baru, menyerupai fungsi tombol enter di keyboard.

j. c = a;
Maksud dari script ini bukan berarti variabel c sama dengan variabel a, tapi nilai dari variabel a akan di masukan ke nilai variabel  c, dan nilai a akan tetap sama, (tidak akan berkurang / bertambah maupun kosong)

k.     cout<<"Nilai A Adalah = "<<a;
Setelah semua data sudah di input, maka dengan script ini kegiatan akan menampilkan kata "Nilai A ialah = 5" , 5 dari mana ?, yaitu dari nilai variabel b yang sudah di tukar.


Sekian tutorial latihan ke 3 ini mengenai cara menciptakan kegiatan menukar variabel, agar dengan adanya tutorial ini kita dapat lebih memahami budi suatu proses, cukup sekian dan terima kasih, salam admin Routeros Mikrotik.

Comments