Apa Itu Firewall Dan Fungsi Dari Fitur Firewall

Firewall merupakan sebuah gerbang di dalam suatu jaringan, firewall juga berfungsi sebagai filter terhadap paket - paket yang masuk maupun keluar jaringan untuk menjaga keamanan jaringan dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab, yang ingin melihat, mengedit, hingga membuatkan data yang ada dalam jaringan tersebut.
Firewall bekerja dengan memakai sistem hukum / konfigurasi tertentu, hukum inilah yang memilih kondisi paket tersebut, jelasnya saat ada paket IP lewat, firewall akan mencocokan data paket tersebut dengan hukum / konfigurasi yang sudah di buat sebelumnya, kemudian firewall akan memilih nasib paket tersebut sesuai aturan. Selain itu juga, fungsi firewall dapat untuk mempercepat koneksi, layaknya lampu kemudian lintas di jalan, alasannya ialah firewall mengatur paket - paket yang datang.

Di Mikrotik untuk firewall mempunyai 7 fitur, Seperti :
Fitur FirewallFungsi
Filter RulesUntuk memfilter paket yang masuk atau melewati router, kemudian router akan memilih langkah selanjutnya.
NATUntuk memetakan suatu IP address ke IP address lainya.
MangleUntuk menandai paket dengan sebuah tanda khusus sebagai identitas paket tersebut.
Service PortUntuk Mengaktifkan dan mengubah nomor port sebuah service
ConnectionUntuk mengetahui isu dari suatu koneksi yang aktif, ibarat IP address asal dan tujuan beserta port yang dipakai dan protokol yang di pakai.
Address ListUntuk mendefinisikan IP address ke dalam group tertentu
Layer_7_Protokoluntuk ini aku kurang paham, tapi Layer 7 Protokol dapat dipakai sebagai Blok situs dan limit bandwidth


Itulah sedikit klarifikasi mengenai Firewall di Mikrotik, untuk lebih jelasnya silahkan klik linknya (warna biru) untuk klarifikasi lebih lanjut dan tata cara penggunaanya.

Sekian dan Terimakasih telah berkunjung


Comments