Cara Sharing Folder, Copy Paste Pribadi Ke Komputer Tanpa Flashdisk

Pembahasan : Cara Sharing Folder dan Mengatur Advanced Sharing Settings

Sharing folder di dalam sebuah jaringan LAN bagi saya sangatlah di butuhkan, alasannya ialah dengan adanya sharing folder kita dapat dengan gampang dan cepat transfer / copy and paste data dari komputer ke komputer lain, tanpa harus memakai media apapun menyerupai halnya Flash disk untuk memindahkan data, khususnya jikalau anda bekerja sebagai teknisi komputer.

Dalam penggunaanya, sharing folder saya gunakan untuk menyimpan software-software yang di butuhkan, sehingga ketika ada user yang ingin menginstall sebuah program, saya hanya tinggal membuka folder sharing tersebut di komputer user tanpa harus membawa sebuah flash disk atau hard disk eksternal. Untuk menciptakan folder sharing sangatlah mudah, di sini saya menuliskanya dengan 2 tahap, dan tutorial ini dapat dilakukan di windows 7, 8, dan 10, berikut tutorialnya :

A. Setting Folder Sharing
1. Membuat Folder Sharing
Langkah pertama ialah menyediakan tempatnya terlebih dahulu, buatlah sebuah folder gres dengan nama "Share Folder", atau dengan nama lainya, untuk letak folder saya sarankan di luar saja, tanpa harus memakai sub folder, jelasnya perhatikan gambar berikut :
Catatan :
Jika anda sudah mempunyai folder yang akan di share, abaikan saja langkah pertama
2. Menambahkan User File Sharing
Pada settinggan default, File Sharing hanya ada user admin dari computer itu saja dengan hak kanal Read/Write yang memungkinkan admin tersebut dapat melaksanakan apa saja terhadap file tersebut. Pada langkah ke dua ini kita akan menambahkan satu user semoga file sharing dapat di kanal oleh semua user / hanya beberapa user saja.
Pertama klik kanan Folder, kemudian pilih Share With > Specific People, maka akan muncul jendela gres menyerupai ini :

Untuk menambahkan user, klik tanda panah kemudian pilih user yang akan di tambahkan.
  • Guest : ialah user tamu, maksudnya account user yang ada di computer kita, bagi anda yang mempunyai lebih dari satu account user windows di computer yang sama, dan ingin share folder pilih lah option ini.
  • Miftah : adalah nama direktur komputer, namanya dapat berubah tergantung dari nama di komputer anda.
  • Everyone : jikalau kita menentukan option ini, maka semua user yang tergabung di dalam jaringan tersebut dapat mengakses folder yang di share.
  • Create a new user : menciptakan user baru
Pilihlah sesuai impian anda, namun disini saya menentukan Everyone, jikalau sudah klik Add dan secara otomatis akan masuk kedalam list yang ada di bawahnya. Setelah itu pilih hak kanal dari user tersebut, hanya ada 2 jenis hak kanal disini :
  • Read : User hanya dapat melihat, mengcopy file dari computer server ke computer lain,
  • Read/Write : Hak kanal Read/Write lebih lengkap, yaitu user dapat melihat, copy-paste file server ke client dan sebaliknya, menambahkan / menyimpan data ke computer server, menciptakan sebuah Folder, mengubah sebuah nama, menghapus folder/file
Jika sudah klik share, tunggu beberapa detik, hingga muncul jendela menyerupai ini

Sampai disini untuk tahap pertama sudah selesai, selanjutnya yaitu tahap ke dua mengatur Advance Sharing.

B. Mengatur Advanced Sharing
Advanced sharing ialah sebuah service yang di gunakan untuk mengatur korelasi computer dengan computer lainya yang dalam hal ini ialah sharing data. Untuk membuka halaman Advance Sharing :
1. Buka Halaman Control Panel
Untuk anda pengguna Windows 7, klik saja Start / logo windows di keyboard kemudian klik Control Panel (ada di sebalah kanan menu), Dan untuk anda pengguna Windows 7 / 8 / 10, anda dapat memakai cara klik start kemudian tuliskan “Panel”, maka secara otomatis windows akan menampilkan data yang bekerjasama dengan kata yang di tuliskan, di antara option yang ada pilih Control Panel

2. Pergi ke halaman Advanced Sharing
Sebenarnya berbagai cara untuk pergi ke halaman advanced sharing, namun di sini saya hanya menuliskan cara yang paling gampang saja dan dapat di lakukan di semua versi windows 7, 8, 10.
Tuliskan kata "Advanced" di kolom search (sebelah pojok kanan atas), dari hasil pencarian klik Manage Advanced Sharing Settings

3. Ubah Pengaturan
Untuk Windows 7 di halaman Advance Sharing hanya ada 2 option saja yaitu Home or Work dan Public, Sedangkan untuk windows 8 dan 10, ada 3 option yaitu Private, Guest or Public dan All Network. Di setiap option yang ada baik windows 7, 8 hingga 10, mempunyai sub option dan tentunya dengan fungsi yang berbeda, berikut beberapa diantaranya :
Option Advanced SharingWindows 7
Option Advanced SharingWindows 10
  • Network Discovery : Berfungsi untuk menampilkan daftar komputer yang tergabung di dalam sebuah jaringan. (Pilih Turn On)
  • File and Printer Sharing : Setiap File / data dan printer yang di share, maka komputer lain dapat mengakses / menggunakanya. (Pilih Turn On)
  • Public folder sharing : Hampir sama dengan file and printer sharing, namun option ini hanya untuk data saja, tidak dapat untuk printer sharing (Pilih Turn On)
  • Media Streaming : Memungkinkan semua user yang tergabung di dalam jaringan dapat mengakses file gambar, music dan video secara eksklusif (Bebas)
  • File Sharing Connections : Untuk yang ini saya kurang paham, meskipun begitu pilih saja yang di rekomendasikan windows. (Pilih Recomended)
  • Password Protected Sharing : Untuk memperlihatkan santunan lebih terhadap file sharing, dengan memakai password jikalau ada seorang user yang ingin mengakses data yang di share. (Pilih Turn Off)
  • Home Group Connections : Sama halnya dengan File sharing connections, pilih saja yang di rekom windows (Pilih Recomended)
Catatan :
- Pilih Turn On untuk mengaktifkan option di atas
- Dan Turn Off untuk tidak mengaktifkanya.
Jika sudah klik "Save Change"

C. Ayo Kita Cek dan Tes
Setelah anda melaksanakan 2 tahap di atas, sekarang saatnya kita melihat hasilnya, namun untuk melihat alhasil secara keseluruhan kita harus memakai komputer lain (user),  dan lakukan hal di bawah ini di 2 komputer, baik di komputer sharing / server dan komputer user lainya. berikut cara untuk mengeceknya :
Pertama buka windows explorer kemudian pilih Network, jikalau muncul list computer menyerupai di bawah ini, Maka konfigurasi sharing folder tahap ke dua sukses

Untuk mengecek konfigurasi tahap pertama, di antara list computer yang ada klik nama user computer yang di gunakan untuk sharing folder, kemudian klik Folder dan cobalah untuk menciptakan perubahan pada folder tersebut, missal dengan mengubah isi filenya, rename folder / file, menghapus, copy-paste file, menambahkan / menciptakan sebuah file dan folder, jikalau hal itu dapat di lakukan, maka konfigurasi tahap pertama suskes.

Bagaimana gampang bukan untuk menciptakan file sharing, 
Kini anda tidak perlu repot-repot untuk copy-paste sebuah file dari computer ke computer lain memakai media mediator lagi, cukup buka Windows explorer dan klik nama computer saja. 
Sekian artikel kali ini mengencai cara sharing folder, jikalau anda mengalami kesulitan dalam melakukanya, tuliskan saja di kolom komentar atau hubungi kami, Terima kasih,

Comments