Operasi File Data Base Visual Basic

Dalam dunia pemograman pastinya ada sebuah fitur untuk menyimpan sebuah data yang terpisah dari programnya atau yang sering disebut data base, sehingga agenda dapat berjalan dengan baik, alasannya tidak bergantung pada data, sehingga data dapat kita ubah, tanpa harus mengubah file program.

Sebuah agenda yang tidak memakai database sebagai media untuk meyimpan data, pastinya untuk menyimpan data, memakai memory komputer, tapi hal itu hanya bersifat sementara, hanya pada dikala agenda dijalankan saja data akan ada dan dapat digunakan, ketika agenda di hentikan, maka semua data dari agenda tersebut akan hilang.

Dengan memakai database, ketika agenda dihentikan, maka semua data dari agenda tersebut akan tersimpan di database, dan kita dapat memakai data tersebut ketika kita membutuhkanya.

Di Visual Basic aneka macam cara untuk mengakses sebuah file datebase, Berikut diantaranya :

Membuka File
Penulisan / script untuk membuka sebuah file umunya menyerupai ini :

Open App.Path & "\nama_file.extensi" For Status As #n

Keterangan :
- \ : penulisan letak file bila agenda dan filenya di simpan di kawasan yang sama
- Nama_File.extensi : nama file dan extensinya (Format file menyerupai .txt .doc .xls)
- Status : Fungsi / tujuan dari File di buka. dapat anda isi dengan
  INPUT untuk membaca File
  OUTPUT untuk menyimpan data ke file
- n : yaitu nomor buffer (integer 1, 2, 3, …) berfungsi untuk pemilihan file yang akan digunakan

Membuka file yaitu sebuah hal dasar dalam database, alasannya bila file sudah dibuka maka kia dapat menambahkan, edit, menyimpan, menghapus sebuah data.
File yang sudah di buka, harus kita tutup kembali ketika agenda di hentikan, hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada data yang tertinggal di memory komputer, Berikut script untuk menutup file :

Close #n


Menyimpan File

Untuk menyimpan sebuah data ke file, dapat kita lakukan dengan script untuk membuka file, dengan status Output, sehingga menyerupai ini :

Open App.Path & "\nama_file.extensi" For Output As #n

Kelemahan dari script diatas yaitu file hanya dapat di tulis saja, dan bila file sudah ada isinya (data) sebelumnya, maka data tersebut akan hilang  atau file di anggap baru. menyimpan file dengan cara ini akan menghasilkan file yang berextensi txt, yang dapat kia buka dengan text editor, menyerupai Notepad, Wordpad. Setelah file dibuka, langkah selanjutnya yaitu menyimpan data dalam bentuk variabel ke file, berikut scripnya :


Print #1, nama_variabel


Membaca File
Untuk membaca sebuah data dari file, hal yang harus kita lakukan yaitu  membuka file tersebut dengan status input sehingga menyerupai ini :

Open App.Path & "\nama_file.extensi" For Input As #n

Membuka file dengan script diatas, maka file hanya dapat dibaca dan tidak dapat di edit / tulis, file yang dapat dibaca yaitu file text. Untuk membaca data variabel di dalam file, dapat kita dilakukan dengan perintah:

Input #1, nama_variabel

Contohnya 
1. Buat agenda kemudian tambahkan 1 command button dan 1 list box,
2. Save Program, dan buka notepad, ketika apa saja (bebas), kemudian save file notepad di kawasan anda menyimpan file agenda VB,
3. tuliskan script berikut :

Private Sub Command1_Click()
Open App.Path & "\nama_file.txt" For Input As #1
Input #1, data
List1.clear
List1.AddItem data
Close #1
End Sub

4. Jalankan Program

Itulah pembahasan mengenai operasi file database di visual basic,
sekian tutorial kali ini biar bermanfaat

Comments