Pembahasan : Menambahkan account email di oulook, Setting email outlook untuk gres pertama kali
Umtuk artikel kali ini saya akan share bagaimana caranya setting email di Microsoft Office Outlook, Office yang saya gunakan di sini yakni Office 2007 dan jangan khawatir bagi anda yang memakai office yang lebih update dari yang saya gunakan ini, alasannya saya pernah mencobanya dan cara settingnya pun sama saja.
Umtuk artikel kali ini saya akan share bagaimana caranya setting email di Microsoft Office Outlook, Office yang saya gunakan di sini yakni Office 2007 dan jangan khawatir bagi anda yang memakai office yang lebih update dari yang saya gunakan ini, alasannya saya pernah mencobanya dan cara settingnya pun sama saja.
Hal yang perlu anda siapkan untuk setting email di outlook selain koneksi internet yakni data email yang akan di gunakan dan data yang saya gunakan yakni data setingan email dari Bluehost, ibarat : alamat email, password, email server, dan Port POP3/IMAP, sebelum anda memulai tutorial ini ada beberapa hal yang tidak dapat saya publikasikan alasannya menyangkut data perusahaan daerah saya kerja, jadi mohon di maklumi ya :D, OK ayo kita mulai.
Setting Email Baru
Tahap 1a dan 2a berikut, hanya dapat di lakukan jikalau anda gres pertama kali setting / memakai outlook. untuk menambahkan account, lansung saja ke tahap 1b dan 2b.
1.a Buka / Jalankan Outlook
Untuk hal yang pertama ini, tentunya anda niscaya tahu, jadi tidak perlu saya bahas lagi untuk cara menjalankanya. Jika outlook sudah terbuka dan untuk pertama kalinya, maka akan muncul halaman ibarat ini :
2.a Konfirmasi Pembuatan Email
Ini hanya pertanyaan konfirmasi saja bahwa kita akan setting email di outlook, jadi pilih saja Yes da klik Next
Menambahkan Account1.b Pergi ke Account Setting
Bagi anda yang ingin menambahkan account email di oulook, sehingga nantinya akan ada 2 email / lebih yang dapat di gunakan, perhatikan tahap 1b dan 2b berikut.
Caranya klik sajian Tools, kemudian pilih Account Settings
2b. Menambahkan Account
Di halaman account settings, klik tab E-mail kemudian klik navigasi New
sehingga akan muncul tampilan ibarat ini, pilih saja option yang pertama "Microsoft Exchage, POP3, IMAP, or HTTP", kemudian klik Next
Catatan :3. Setting Manual
Baik setting gres atau pun menambahkan account, anda dapat pribadi lanjut ke tahap 3, alasannya prosesnya sama saja.
Karena setiap email mempunyai setingan yang berbeda, di sini saya menentukan untuk setting email manual semoga dapat saya jelaskanya dengan lengkap, untuk setting email secara manual tandai "Manually Configure server settings……", kemudian klik Next
4. Jenis Email
5. Setting Email
Ini yakni halaman untuk setting email, dimana kita harus mengisikan data yang di tanyakan sesuai dengan kolom yang ada :
- Your Name : Isi dengan nama anda
- Email Address : Isi dengan alamat email (Routeros Mikrotik hanya pola saja)
- Acoount Type : Type Email anda, apakah POP3 / IMAP, saya sendiri kurang begitu paham apa perbedaan keduanya, tapi saya lebih menentukan POP3
- Incoming mail Server : isi dengan alamat masuk email, biasanya mail.domain.com, misalnya mail.routerosmikrotik.blogspot
- Outgoing Mail Server : Isi dengan alamat keluar Email, sama halnya dengan incoming biasanya mail.domain.com
- User Name : Isi dengan alamat email anda (samakan dengan Email Address)
- Password : Password Email yang di gunakan
- Remember Password : Jika di tandai maka password yang di tuliskan akan di simpan oleh outlook
- Require login using Secure Password Authentiification (SPA) : Jika di tandai maka setiap kali anda login / sedang memakai email akan memakai metode SPA
6. More Settings
Setelah anda mengisi semua poin ke empat, maka selanjutnya kita akan mengisi data lainya yang di butuhkan, klik saja More Settings :
Tab General
Tuliskan alamat email di kolom mail Account
(Catatan : Admiral yakni nama salah satu karyawan di perusahaan daerah saya kerja)
Tab Outgoing Server
Tandai "My Outgoing Server ……..", kemudian pilih "Log On Using" dan isi data yang di butuhkan (sama ibarat poin ke 4)
Tab Advanced
Isi Incoming Server POP3 dengan port POP3 email anda dan tandai "This Server Requires an encrypted Connectiom (SSL)"
Sedangkan Outgoing isi dengan Port SMTP email anda, dan pilih SSL
Jika sudah semua maka klik OK
7. Test Account Settings
Untuk mengecek Setinggan email yang telah kita buat, apakah sudah benar / tidak, klik "Test Account Setting", sehabis itu tunggu beberapa detik (tergantung dari koneksi internet). Jika jadinya Completed semua atau ibarat ini maka Settingan Email anda berhasil, Jika sudah klik close saja
Catatan :
- Log onto incoming mail server (POP3) : Outlook sedang mencoba untuk masuk ke email dengan memakai data yang telah di tuliskan.
- Send test e-mail Message : Outlook sedang mencoba untuk mengirim email.
8. Finish
Jika sudah semua, dan poin ke enam mendapat status Completed, maka selanjutnya Klik Next saja untuk menyelesaikanya
9. Test Lagi
Sampai disini setting email di outlook telah selesai, meskipun sebelumnya outlook telah mencoba email dan jadinya SUKSES, tidak ada salahnya kan jikalau kita mencobanya kembali, namun dengan cara manual yaitu kita akan mengirim email (A) ke alamat email lain (B), dan email B akan membalas pesanya.
Info
Email yang saya gunakan untuk setting di outlook yakni email rekan kerja saya, sedangkan email yang di gunakan untuk tes yakni email kerja saya,
⏩Untuk menciptakan pesan email baru, tekan tombol CTRL + N, kemudian isi :
→To : alamat email yang di tuju
→Cc : alamat email selain yang di tuliskan di atas (jika ada)
→Subject : Judul / kesimpulan dari email
→dan jangan lupa tuliskan juga isi dari emailnya.
berikut misalnya :
→To : alamat email yang di tuju
→Cc : alamat email selain yang di tuliskan di atas (jika ada)
→Subject : Judul / kesimpulan dari email
→dan jangan lupa tuliskan juga isi dari emailnya.
berikut misalnya :
⏩Cek Inbox, di Email tujuan
⏩Lalu balas email tersebut
Comments
Posting Komentar