Ini Ia 4 Cara Login Mikrotik Selain Winbox, Lengkap Dengan Data Login Mikrotik Defaultnya

Login Mikrotik Menggunakan Winbox, Web Browser, SSH, Telnet, Data Mikrotik Default

(Artikel dan Video Tutorial nya sudah sanggup di download, linknya di bawah ya)
Bagi anda yang gres pertama menginstall mikrotik, niscaya anda mengalami problem mengenai cara login ke mikrotik, biasanya pada sebuah system operasi mempunyai data login default, menyerupai di Wifi, begitu juga dengan mikrotik yang mempunyai data login defaultnya, mulai dari User, password dan IP yang di gunakan mikrotik. User dan password di gunakan untuk login ke mikrotik, sedangkan IP di gunakan sebagai media komunikasi, bila kita ingin mengakses mikrotik dengan komputer, contohnya Mikrotik Routerboard yang di jalan masuk melalui komputer. Jika anda login memakai Winbox, penggunaan IP tidak perlu, alasannya yakni winbox secara otomatis mendeteksi keberadaan Mikrotik bila memang komputer sudah terhubung dengan mikrotik, IP di gunakan bila kita login mikrotik selain dengan winbox, menyerupai web browser, Putty, dan telnet di windows.
Semua hal itu akan kita bahas di sini, mulai dari data login mikrotik default hingga pembahasan mengenai 4 cara login mikrotik, dan yang pertama akan kita bahas yakni :

Mikrotik Default
Mikrotik Default di sini berarti  settingan / konfigurasi orisinil dari Mikrotik menyerupai username, password, IP, hingga konfigurasinya, Mikrotik default ini kita dapatkan bila kita menginstall baik pertama kali atau install ulang dan mereset mikrotik, berikut ini yakni default mikrotik :

Untuk User defaultnya yakni : admin
sedangkan untuk Password : kosong (tanpa password)
dan IP default mikrotik : 192.168.88.1/24 di ethr 1

Login Mikrotik
Untuk login ke mikrotik ada banyak cara untuk memasuki systemnya, menyerupai memakai :

A. SSH
SSH yakni sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengkonfigurasi / meremote suatu server, bagi anda yang memakai Windows sebagai sistem operasinya, anda harus memakai Putty untuk mengaktifkanya namun bila sistem operasinya Linux, kita tidak perlu memakai Putty.

A1. Masukan IP Mikrotik
Untuk menggunakannya, masukan IP address mikrotik pada kolom Host Name (or IP Address), disini aku menuliskanya 192.168.1.1, tuliskan 22 pada kolom port, dan pilih SSH di connection type, kemudian klik "Open"
Putty
A2. Login Mikrotik
Jika ada pemberitahuan pilih "yes" saja, kemudian sehabis itu akan muncul hidangan login, masukan user dan password anda atau Default Mikrotik, kemudian enter

A3. Ini yakni tampilan mikrotik di Putty
Mikrotik Via Putty
B. Telnet
Kita sanggup meremote mikrotik memakai telnet melalui aktivitas aplikasi "Command Prompt" (cmd) bawaan windows. Namun telnet tidak disarankan untuk konfigurasi server alasannya yakni problem keamananya.
Catatan
Pada Versi Windows Xp dan versi sebelumnya, secara default telnet sanggup pribadi di gunakan, namun untuk versi terbarunya yaitu mulai dari windows 7, telnet secara default di nonaktifkan, sehingga untuk menggunakanya kita harus mengaktifkanya terlebih dulu, untuk cara mengaktifkanya sanggup anda lihat di artikel berikut :
Apa Itu Telnet, Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Telnet Di Windows
B1. Menjalankan CMD
Untuk menggunakannya, pertama anda harus membuka / menjalankan CMD terlebih dahulu, caranya klik start (logo windows) kemudian tuliskan cmd dan tekan enter, bila sudah maka akan tampil halaman menyerupai gambar di bawah.

B2. Konfigurasi Telnet
Di kolom tersebut tuliskan script cd \, (tujuanya untuk berpindah directory dari Folder eksekutif ke Drive C:), setelah itu script berikutnya yaitu telnet (IP Mikrotik) dan enter
Koneksi Mikrotik Via Telnet
B3. Login Mikrotik Via Telnet
bila berhasil akan muncul hidangan login user. isi user dan password anda atau Default Mikrotik, gunakan enter untuk sanksi script

B4. Mikrotik Via Telnet
Ini yakni tampilan Mikrotik melalui Telnet
Mikrotik Via Telnet
C. Web Browser
Seperti yang kita ketahui browser yakni sebuah software yang dipakai sebagai search engine, namun pada tutorial kali ini browser dijadikan sebagai aplikasi untuk remote server, syarat semoga Mikrotik sanggup di remote oleh browser yakni mikrotik harus sudah mempunyai IP, atau anda sanggup memakai IP Defaultnya.

C1. Login Mikrotik Via Google Crome
untuk menggunakannya jalankan browser (disini aku memakai google crome) kemudian ketikan alamat IP Mikrotik, dan tekan enter. selanjutnya anda akan menuju tampilan login mikrotik, isi user dan password anda atau Default Mikrotik, dan tekan login
Login Mikrotik Via Browser
C2. Tampilan Mikrotik melalui Browser
Mikrotik Via Web Browser
D. Winbox
Winbox merupakan aplikasi remote server khusus mikrotik, yang merubah tampilan hitam putih / mode CLI menjadi mode GUI / berwarna, yang user friendly (mudah digunakan) di bandingkan dengan router lainya yang masih memakai console mode.
Ini yakni tampilan awal dari winbox yang terdiri dari beberapa kolom dan navigasi untuk menjalankanya.
Winbox
Keterangan :
1. ..... : menampilkan list router mikrotik yang terhubung dengan komputer
List Mikrotik
- Mac Address = Mac Address mikrotik
- IP Address = IP address Mikrotik
- Identify = Nama Hostname Mikrotik
- Version = Versi Mikrotik yang digunakan

2. Connect to : Alamat IP komputer yang akan di remote
3. User : username yang akan dipakai untuk login mikrotik
4. Password : Password user
5. Note : Keterangan tambahan, misalkan nama host name mikrotik
6. Save : untuk menyimpan alamat, user dan password mikrotik, sehingga kita tidak perlu mengetikan kembali saat setiap kali login

7. Tool
Tools Mikrotik
- Remove All address : untuk menghapus semua alamat, user, password, yang ada pada daftar alamat
- Clear Cache : berfungsi untuk menghapus cache yang tersimpan
- Export Address : untuk membackup data login mikrotik
- Import Address : untuk mengimpor data login dari hasil backup data, dan menampilkanya di daftar alamat

untuk cara penggunaanya ketikan saja alamat IP mikrotik, atau klik saja poin ke 1 (....), maka secara otomatis akan muncul sebuah list mikrotik yang terhubung dengan komputer yang di gunakan, klik salah satu (lihat kembali poin ke 1), bila sudah isi form login dengan user mikrotik dan kolom password mikrotiknya, bila sudah klik Connect
Login Mikrotik
tapi bila mikrotik belum mempunyai IP (seperti gres di install), klik cion ..... kemudian pilih di kolom Mac Address, dan isi user dan password Default Mikrotik.
Login Mikrotik

E. Download Artikel Dan Video Tutorial 4 Cara Login Mikrotik
Klik link di bawah ini sesuai keingnan kalian ya :
Download Artikelnya
Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)
Download Video Tutorialnya

Itulah pembahasan kali ini mengenai 4 Cara Login Mikrotik selain memakai winbox, dan di lengkapi dengan data login mikrotik, menurut akomodasi penggunaan dan login mikrotik, aku menyarankan gunakan saja winbox, alasannya yakni tampilanya yang lebih berwarna dan menarik, dalam hal konfigurasinya pun kita hanya tinggal klik dan klik saja, tanpa harus menghafal  script.
Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

Comments