Penyebab & Cara Mengatasi Monitor Blank Padahal Komputer Hidup

Pernahkan anda mengalami hal ini, saat anda menyalakan komputer anda, yang seharusnya monitor menampilkan sistem operasi, ternyata monitor tidak menampilkan apa papun, yang ada hanyalah sebuah background hitam, itu merupakan sebuah duduk masalah yang sering terjadi di sebuah komputer.

Komponen Penyebab Monitor Blank
Penyebab komputer mengalami hal ini biasanya terjadi sebab hardware / komponen komputer anda mengalami masalah, berikut daftar komponen-komponen komputer yang bisa menyebabkan monitor tidak menampilkan apa apa, saya tuliskan menurut tingkat kemungkinannya :
1.Random Access Memori (RAM)
2.Power Supply
3.Video Grafic Adapter (VGA)
4.Processor
5.Mother Board

Penyebab Monitor Blank
Dan berikut ini, hal-hal yang bisa menciptakan ke lima komponen tersebut mengalami duduk masalah :
1.Pemasangan Komponen Tidak Benar
Pemasangan komponen yang tidak benar, biasanya terjadi bila anda sebelumnya membongkar / mencabut komponen PC, dengan tujuan tertentu, contohnya UPGRADE komponen, selain itu bisa terjadi sebab anda sudah melaksanakan pemindahan komputer.

2.Komponen Berdebu / Kotor
Bagi anda yang menyimpan komputer di sebuah daerah yang tertutup dengan sirkulasi udara yang terbatas, contohnya di bawah meja, dan tidak pernah membersihkan komponen komputer yang ada di dalam, apa lagi bertahun tahun, pastinya komputer anda sangatlah kotor dan berdebu, sehingga menggangu kinerja komputer.

3. Kinerja Komponen Sudah Turun
Untuk hal yang ketiga, kemungkinan besarnya terjadi pada Power Supply, sehingga supply listrik ke semua komponen komputer terganggu, yang menyebabkan komputer tidak bisa menjalankan salah satu bahkan semua komponen yang ada pada komputer.
Gejala Komponen yang sudah lemah, biasanya kinerja komputer yang dari hari ke hari semakin melambat dan sering error.

4.Komponen Mengalami Kerusakan
Pengunaan Komputer yang tidak sesuai atau melebihi kemampuanya, bisa menyebabkan beberapa komponen mengalami kerusakan, khususnya pada masalah ini, yaitu VGA yang berfungsi untuk menampilkan sebuah gambar pada monitor.

Cara Mengatasi Monitor Blank
Berdasarkan ke 4 hal diatas, berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya, dan cara ini bisa juga anda lakukan untuk tahap pencegahan :
1.Pemasangan Komponen Tidak Benar
Tentunya anda sudah tahu untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan cara mengecek semua sambungan kabel yang di gunakan, apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak, hal pertama yang perlu anda cek yaitu kabel power dan kabel VGA (Kabel yang menghubungkan komputer dengan monitor), setalah itu cek semua kabel yang ada di dalam komputer atau kabel dari power supplly ke komponen PC lainya, sesudah semua kabel terpasang dengan benar, cek pemasangan komponen PC anda khususnya Ke lima komponen yang telah di sebutkan sebelumnya. Jika sudah semua di cek, nyalakan komputer anda.

2. Komponen Berdebu / Kotor
Jika cara ke satu tidak berhasil, langkah selanjutnya yaitu membersihkan semua komponen PC anda, bila perlu hingga casingnya pun anda bersihkan, hal utama yang perlu anda bersihkan terlebih dulu yaitu 5 komponen di atas, untuk membersihkan RAM, bersihkanlah kaki RAM yang berwarna kuning ke emasan memakai penghapus secara perlahan, dan begitu juga dengan VGA Card (jika memakai VGA tambahan), selain komponen yang di bersihkan, jangan lupa bersihkan juga daerah / slot komponen di simpan.

3. Kinerja Komponen Sudah Menurun atau Rusak
Untuk Mengetahui komponen yang rusak yang mana, anda bisa mencobanya dengan cara (Jika ada) memakai komponen komputer yang lain, tapi dengan spesifikasi yang sama, Jika anda memakai VGA Card, cabut VGA Card, kemudian sambungkan kabel VGA ke port VGA bawaan yang ada / melekat dengan Mother Board, bila anda memakai 2 RAM dengan kapasitas yang besar contohnya 2 GB/ RAM, coba cabut salah satu RAM untuk mendeteksi adanya duduk masalah pada RAM.
Dan Jika anda sudah menemukan masalahnya, gantilah dengan komponen yang baru

Itulah beberapa hal dan komponen PC yang bisa menciptakan monitor tidak menyala, penyebab utama komputer mengalami hal ini yaitu komputer berdebu, jadi untuk menghindar hal ini, lakukanlah perawatan / pencucian pada komputer anda secara rutin, minmal satu bulan sekali.
Sekian artikel kali ini biar bermanfat.

Comments