Routeros Mikrotik Tutorial - Cara Meremote Radio TP-Link Sebagai Client Yang di Setting Mode Client Router

Pada dasarnya TP-Link mempunyai banyak pilihan untuk setting radio sebagai client, kali ini kita akan membahas sedikit metode dan permasalahan ihwal setting radio sebagai client mode AP Client Router. bergotong-royong apa sih Mode Ap Client Router ? dan kenapa kita pilih AP Client Router ?


Ap CLient Router yakni : perangkat gabungan kabel / jaringan wireless mode, yang mengintegrasikan fungsi Wireless Access Point, AP Client, firewall, 4-port Switch dan NAT-Router. jadi, setting AP Client Router itu mendukung perangkat untuk support sebagai AP juga Client, dan tentunya yang paling dituju yakni support Nat-Router. maksudnya yakni menterjemahkan address jaringan dengan kata lain supaya membuat perangkat mampu saling berkomunikasi dengan jaringan yang beda subnet.

Dari sisi tersebut diatas ( beda subnet ) akibatnya si server tidak mampu ping ( meremote ) ke IP radio yang dibuat client router tersebut, tapi jangan hawatir karna TP-Link telah memperlihatkan fitur suplemen berupa menu Remote Management , yang pada prinsipnya memakai IP WAN dan memanfaatkan Port Forward.

Untuk langkah-langkahnya mari ikuti langkah-langkah berikut ini :


Web Management Port : Port yang akan kita gunakan untuk remote radio
Remote Management IP Address : Isi Host Subnet

Jadi nanti jikalau kita akan meremote radio client kita, maka gunakan IP WAN:Port atau misalkan ip wan kita = 192.168.100.254 , maka kita saluran radio dengan mengetikan 192.168.100.254:800. hingga disini semoga artikel ini bermanfaat. 

Baca Juga Artikel Tentang :  
Solusi Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan Pada Modem IP Dinamis Indihome Mode PPPOE

Comments