Routeros Mikrotik Tutorial - Fitur Dynamic Address-list di Mikrotik RouterOS

Salah satu fitur Mikrotik yang sangat bermanfaat ialah "Dynamic Address-List". Mungkin fitur ini sudah ada di Mikrotik RouterOS versi 6.37 hingga terbaru dikala ini (kalo tidak salah). Karena kemarin penulis pernah mencoba di Mikrotik RouterOS versi 6.34 dan ternyata fitur tersebut belum ada. Nah, bagi sobat - sobat yang ingin menggunakan fitur ini agar tidak repot pribadi saja di upgrade ke Mikrotik RouterOS yang terbaru dikala ini.



Em, sebelum lanjut. Penulis coba jelaskan dulu ya apa yang di maksud "Dynamic Address-List". Penulis sendiri bantu-membantu kurang tahu pasti apa nama fitur tersebut. Tetapi hanya untuk mempermudah saja, maka penulis menunjukkan nama "Dynamic Address-list". Penulis sendiri menunjukkan nama tersebut sebab ada hubungannya dengan address list dan ada proses secara dinamis sehingga mempermudah admin mikrotik untuk melaksanakan konfigurasi.

Untuk gambarannya ialah menyerupai ini. Misalkan saja pada situs www.google.com . Pada situs tersebut memiliki lebih dari 1 IP Public. Nah, ketika seorang direktur ingin memasukkan semua IP Public yang dimiliki situs www.google.com kedalam address list Mikrotik secara umum harus memasukkan IP Public tersebut satu per satu (manual). Sehingga dengan cara ini nampak membutuhkan waktu yang lebih lama. Nah, dengan fitur "Dynamic Address-List" maka direktur hanya memasukkan nama domain www.google.com kedalam address list sehingga secara otomatis semua IP Public dari www.google.com tersebut akan ke list dengan cepat.

Lalu bagaimana cara melaksanakan konfigurasi "Dynamic Address-List" di Mikrotik RouterOS?? Nah, mari bahas dibawah.
  • Untuk yang pertama, pastikan menggunakan Mikrotik RouterOS yang terbaru dikala ini. Agar tidak repot.
  • Untuk langkah selanjutnya ialah masuk ke menu " IP> Firewall > Address-list" .
  • Pada jendela Address List tersebut, klik menu + untuk menambahkan address list baru. masukkan nama yang sesuai pada kolom "Name" dan masukkan domain yang akan dimasukkan kedalam address list melalui kolom " Address".
  • Nah, hingga disini untuk setting Dynamic Address-List telah final dan mampu dilakukan pengecekan pada jendela Address-List.

Semoga bermanfaat dan jikalau ada pertanyaan mampu ditulis pada kolom komentar.

Comments