Bagaimana Cara Mengupdate Versi Mikrotik Routeros?

Pada bahasan kali ini yakni membahas ihwal cara mengupdate versi Mikrotik RouterOS. Apakah susah melaksanakan update versi OS Mikrotik? Apakah membutuhkan waktu yang usang untuk melaksanakan update? Dan Apakah Membutuhkan file update yang besar? Mari Kita bahas bersama.


Untuk melaksanakan Update versi Mikrotik RouterOS sangatlah mudah. Tetapi meskipun gampang tetap saja harus berhati - hati. Karena apa? Jika Mikrotik RouterOS tersebut belum ada konfigurasi nampaknya lebih kondusif dan tidak perlu khawatir. Nah, bagaimana jikalau Mikrotik tersebut sudah ada konfigurasinya dan konfigurasinya sangat banyak? Pastinya harus berhati - hati alasannya yakni jikalau gagal Update versi Mikrotik RouterOS akan menciptakan repor diri sendiri.

Kenapa perlu dilakukan update Versi Mikrotik RouterOS? Pastinya dalam update tersebut terdapat pembaharuan dan perbaikan. Bisa juga ada komplemen fitur gres dari update tersebut. Dan pastinya update perlu dilakukan alasannya yakni banyak faktor juga. Selain yang disebutkan diatas, update diperlukan untuk memperoleh performa yang lebih optimal dan keamanan yang lebih baik.

Untuk melaksanakan update tersebut cukup gampang sekali. Ya, nampaknya kalau orang awam sekalipun sanggup cepat berguru melaksanakan Update Versi Mikrotik RouterOS. 
  1. Langkah pertama yakni siapkan kebutuhannya yaitu file update RouterOS Mikrotik. Biasanya telah disediakan di situs mikrotik.com
  2. Masuk ke Mikrotik RouterOS melalui winbox.
  3. Klik sajian "Files" yang ada pada sisi sebelah kiri, dan kemudian muncul jendela dari sajian Files tersebut.
  4. Drag dan drop file update RouterOS Mikrotik ke jendela sajian Files tadi. Maka terjadi proses upload file dari Komputer ke Router Mikrotik.
  5. setelah selesai. Restart perangkat tersebut melalui sajian restart yang ada di Mikrotik dan tunggu hingga installasi update selesai. Untuk waktunya mungkin sekitar 10 menit atau kurang.
  6. Setelah proses selesai, sanggup dicek login ke Mikrotik tersebut melalui sajian winbox untuk melaksanakan pengecekan apakah sudah sukses update atau belum dengan cara mengklik sajian system > resouce. Jika berhasil, maka akan menampilkan versi Mikrotik yang berbeda dan sesuai yang diupload tadi. Yang nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.



Sampai disini proses update versi Mikrotik RouterOS sudah selesai. Semoga bahasan bermanfaat bagi sobat - teman. Terima kasih.

Comments