Cara Memblokir Situs Memakai Address List Dengan Gampang Di Mikrotik Routeros

Pada bahasan kali ini yakni cara memblokir situs memakai Address list di Mikrotik RouterOS. Cara ini mungkin sudah banyak yang tahu, tapi mungkin saja ada yang berbeda. Apa bedanya ya? 

 
Biasanya pada address list di Mikrotik RouterOS dimasukkan IP Address situs yang akan di blokir secara manual dan satu per satu. Makara dikala Situs tersebut menambah IP Publik, maka Admin harus menambahkan IP Publik tersebut secara manual ke dalam Address list. Nah, Kali ini memakai cara yang mungkin berbeda. Ketika menciptakan Address list yang dimasukkan yakni Alamat Situsnya (misal www.sekilan.com). Maka secara otomatis dari Address list tersebut akan menciptakan Dynamic IP Public dari situs tersebut. Jika situs tersebut mengganti IP Publicnya maka secara otomatis pula di address list juga akan terganti (update otomatis).

Berikut dibawah ini yakni cara memblokir situs memakai Address list dengan gampang di Mikrotik RouterOS.

Langkah pertama yakni membuat address list di Mikrotik RouterOS. Misalnya Address list tersebut diberi nama "blockir" kemudian pada opsi Address dimasukkan nama domain yang akan diblokir (misalkan www.sekilan.com). Maka secara otomatis Pada address list menambahkan list gres yang berisikan ip publik dari situs tersebut. Yang nampak ibarat pada gambar dibawah ini.


Langkah kedua yakni membuar rules gres pada opsi "IP > Firewall > Filter Rules". Pada opsi ini yakni untuk menciptakan rules blokir situs tersebut yang ada diaddress list. Caranya yakni buat rules gres kemudian Pada opsi Chain diisi "forward". Pada Tab Advanced, pada opsi Dst. Address List dimasukkan nama dari address list yang telah dibuat. Pada Tab Action, di Opsi Action pilih "Drop".

langkah yang terakhir yakni melaksanakan pengetesan dari konfigurasi tersebut diatas. Jika settingan sudah benar, maka seharusnya sudah terblokir dan tidak dapat diakses.

Sampai disini cara memblokir situs memakai Address list dengan gampang di Mikrotik RouterOS. Bagi teman - teman yang ingin bertanya dapat isi melalui kolom komentar. Terima kasih dan biar bermanfaat.

Comments