Cara Setting Access Point Tp Link Untuk Hotspot Mikrotik

Konfigurasi hotspot mikrotik RB951 dan menghubungkanya dengan TP-Link MR3420 sebagai Access Point (Mode Bridge) sehingga user akan mendapat IP dari mikrotik. 
>>> Video Tutorialnya ada di bawah ya dengan durasi 29:29 Menit <<<

Hai sahabat Routeros Mikrotik, ketemu lagi dengan admin deh :D.
Di tutorial sebelumnya kita sudah setting sedemikian rupa hotspot mikrotik yang akan di gabungkan dengan Tp Link, mulai dari Login mikrotik hingga Setting Hotspot. Nah pada tutorial kali ini kita akan setting Tp Link yang akan di jadikan access point untuk meneruskan koneksi internet ke client via wifi dengan konfigurasi IP berasal dari DHCP Server Mikrotik, pembahasan lengkap tutorial sebelumnya sanggup kalian lihat di link berikut :
Artikel Sebelumnya :
Cara Setting Hotspot Mikrotik Dengan Access Point Tp Link



Gambar di atas yaitu topologi jaringan dari konfigurasi yang akan kita buat, dimana :

➤ Settingan Hotspot Mikrotik
IP Address
     ➞ Ether 1 Ke ISP / Internet dengan konfigurasi DHCP Client
      Ether 3 Ke Tp Link dengan IP 192.168.201.1/24

 Konfigurasi DHCP Client, DNS, IP Route, NAS Masquearde
 Konfigurasi Hotspot
      Interfaces : Ether 3
      IP Address : 192.168.201.1
      DHCP Server : 192.168.201.3 - 192.168.201.100
      Local DNS Hotspot = hotspot.routerosmikrotik.blogspot
      Username Hotspot User = Miftah
      Password Hotspot User = BluesPedia

➤ Settingan TP Link
 Menghubungkan Tp Link dengan Komputer
 Login Tp Link
 Konfigurasi IP LAN TP Link
 DHCP Server Disable
 Konfigurasi Wireless
 Menghubungkan TP-Link dengan Mikrotik
 Membuat Password Wifi Tp Link
 Ubah Username dan Password Tp Link

Sebelum kita mulai tutorialnya, pastikan kalian sudah setting mikrotiknya, minimal settingan-setingan yang sudah saya sebutkan di atas, jika sudah berikut tutorialnya :

Konfigurasi TP-Link
Sebelum kita ke pembahasan, coba perhatikan terlebih dahulu gambar berikut ini :

Gambar di atas yaitu gambar bab bawah dari TP-Link MR3420 3G/4G Wireless N Router yang saya gunakan, ibarat yang kalian lihat di bab bawah Tp-Link ada beberap gosip yang sanggup kita dapatkan, diantaranya :
➥ Jenis = 3G/4G Wireless N Router
➥ Model = TP-Link MR3420,
➥ Wireless Password (Default) = 50608232
➥ SSID (Default) = Tp-Link_79AB
➥ Username (Default) = admin
➥ Password (Default) admin

I. Menghubungkan TP-Link dengan Komputer
Secara default dikala kita menghidupkan TP-Link, maka secara otomatis komputer akan mendeteksi adanya sinyal Wifi dari TP-Link yang di hidupkan, misalnya Tp-Link_79AB

Jika sudah terdeteksi, hubungkan dengan wifi tersebut dan masukan passwordnya, (jika di minta password), password Wifinya sanggup kalian lihat di bab bawah TP-Link.

J. Konfigurasi IP Komputer
Jika sudah terhubung, pastikan atau ubah pengaturan IP di komputer yaitu "Obtain" biar mendapat IP dari tp-link, caranya :

1. Membuka Halaman Control Panel
Klik logo windows lalu tuliskan "control panel", klik navigasi control panel di hasil pencarian

2. Membuka Halaman Network & Sharing Center
Masih di halaman control panel, tuliskan kata "Network" di kolom pencarian (sebelah ujung kanan atas), kemudian klik navigasi "Network and Sharing Center"

3. Membuka Halaman Change Adapter
Di halaman Network & Sharing Center lihatlah ke sebelah kiri, di sana kalian akan melihat beberapa navigasi, salah satu diantaranya klik "Change Adapter"

4. Menampilkan Pengaturan IP User
Klik kanan icon jaringan LAN, kemudian pilih properties > Tab Networking > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

5. Konfigurasi IP Client
Di halaman Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), pilih option "Obtain an IP address automatically" dan "Obtain DNS server address automatically", jikalau sudah klik OK.

Setelah itu tunggu beberapa detik, kemudian klik kanan kembali icon jaringan LAN dan pilih "status", jikalau komputer mendapat IP dari TP-Link , (contohnya ibarat gambar di bawah) maka komputer sudah terhubung dengan Tp-Link.

K. Login TP-Link
Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, IP default gateway dari TP-Link yang saya gunakan yaitu 192.168.0.1. Setelah komputer berhasil mendapat IP Default dari TP-Link, buka web browser kemudian tuliskan alamat IP gateway TP-Link, jikalau alamat IP yang di tuliskan benar maka akan muncul halaman login ibarat ini :

Jika sudah muncul halam login ibarat gambar di atas, tuliskan user dan password TP-Link, atau secara default user = admin dan password = admin.

L. Konfigurasi IP
Di halaman utama Tp-Link, klik menu advanced > Navigasi Network > LAN
Lalu isi kolom IP Address dengan IP yang satu segmen dengan mikrotik, misalnya dalam tutorial ini Interfaces Mikrotik yang terhubung dengan TP-Link yaitu ether3 dengan IP 192.168.201.1 maka saya akan mengisinya dengan IP 192.168.201.2 (perhatikan settingan DHCP Server Mikrotik).
Isi subnet mask dengan 255.255.255.0, jikalau sudah klik "save" dan tunggu hingga proses reboot selesai.

M. Login Kembali
Setelah proses reboot selesai, buka kembali halaman login Tp-Link, namun untuk membukanya kita tidak sanggup mengakses IP 192.168.0.1 lagi, alasannya yaitu konfigurasi LAN nya sudah berubah, maka dari itu tuliskan IP Tp-Link yang gres yaitu 192.168.201.2, jikalau halaman login sudah terbuka loginlah dengan username dan password Tp-Link.

N. DHCP Server Disable
Klik menu advanced > klik navigasi Sub sajian DHCP > DHCP Setting, kemudian ubah optionya menjadi "Disable", dan jikalau sudah klik "Save", kemudian restart kembali TP-Link dengan cara klik navigasi "Click Here" dan klik "Reboot". Tunggu hingga proses reboot tamat dan login kembali
O. Konfigurasi Wireless
Masih di menu Advanced >klik Sub sajian Wireless 2,4 GHz > Wireless Setting. Lalu ubah kolom Wireless Network Name dengan nama SSID / Wifi yang akan kita gunakan, dalam tutorial ini saya beri nama "Wifi Routeros Mikrotik" kemudian klik Save, untuk kolom lainya abaikan saja / biarkan default.

Jika konfigurasi ini berhasil, maka secara otomatis kita tidak akan sanggup mengakses Tp-Link, hal itu alasannya yaitu SSID nya berubah, lanjut ke langkah selanjutnya.

P. Menghubungkan TP-Link Dengan Mikrotik
Setelah komputer berhasil terhubung kembali dengan Tp-Link dan Agar konfigurasi IP user berasal dari DHCP Server mikrotik, maka hubungkan port mikrotik yang sudah di konfigurasi atau dalam tutorial ini ether3 dengan salah satu port di TP-Link, tapi jangan di port ke 1 atau WAN ya (warna biru), gunakan salah satu dari port 2,3,4,5 (warna kuning).
Atas Mikrotik - Bawah Tp-Link
Q. Cek Konfigurasi Hotspot User
langkah selanjutnya yaitu menghubungkan komputer dengan SSID TP-Link yang gres atau "Wifi Routeros Mikrotik". Jika kalian sudah menghubungkan mikrotik dengan TP-Link pada port yang benar, maka secara otomatis dikala komputer terhubung dengan wifi Tp-Link maka user tersebut akan mendapat IP dari DHCP Mikrotik, silahkan cek IP yang di dapatkan user, untuk langkah-langkahnya sama ibarat poin J. Konfigurasi IP Komputer.

R. Login Hotspot
Setelah User berhasil mendapat IP dari mikrotik, cobalah kanal alamat hotspot mikrotik yang tadi di buat di web browser, dalam tutorial ini saya buat hotspot.routerosmikrotik.blogspot dan loginlah memakai user hotspot yang sudah di buat dan pastikan user sanggup memakai internet ya.
S. Security Wireless
Jika kita ingin mengubah password wifi tp-link atau tidak ingin menggunakannya, login kembali ke TP-Link, kemudian klik menu Advanced > klik Sub sajian Wireless 2,4 GHz > Wireless Security

Di halaman wireless security, jikalau kita tidak ingin memakai password pilih option yang pertama yaitu "Disable Security". Tetapi jikalau kita ingin memakai password atau mengubah passwordnya, pilih option yang ke dua yaitu "WPA/WPA2 - Personal (Recomended)" dan ubah kolom wireless password dengan password wifi Tp-Link yang kita inginkan dan jangan lupa klik Save ya.

T. Ubah User dan Password TP-Link
Sampai disini konfigurasinya sudah selesai, bagi kalian yang ingin mengubah username dan password login Tp-Link, kalian sanggup mengubahnya di menu Advanced > Sub Menu System Tools > Password lalu isi kolom yang tersedia sesuai keinginan.
Old user name = user name yang lama
 Old Password = password lama
➥ New User Name = Username yang baru
➥ New Password = Password aru
➥ Confirm New Password = Masukan kembali password barunya

Sebagai pemanis dari artikel ini, saya sudah menyiapkan video tutorialnya yang sanggup bisa kalian llihat di channel youtube Routeros Mikrotik, semoga dengan adanya video tutorial ini kalian sanggup lebih memahami maksud dari tutorial ini, sepakat berikut link nya :

U. Video Tutorial
Cara Setting Hotspot Mikrotik Dengan Access Point Tp Link

Durasi : 29:29
By : Youtube
Jangan Lupa klik Subcribe / Langganan ya :D

Jika tidak keberatan admin berharap kalian sanggup berpartisipasi untuk membuatkan Routeros Mikrotik, yaitu dengan cara SHARE artikel Routeros Mikrotik yang sedang kalian pelajari ke aneka macam media umum dan ikuti semua akun sosial media kami, ibarat Like Fanspage kami di Facebook dan klik Subcribe atau langganan di channel Routeros Mikrotik, Baiklah rasa cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Salam Admin Routeros Mikrotik :D

Comments