Fitur Watchdog Di Mikrotik Routeros, Untuk Apa Ya?

Mungkin salah satu fitur yang jarang dipakai oleh pengguna Mikrotik RouterOS yakni fitur Watchdog.  Fitur ini bergotong-royong sudah ada semenjak dulu, dan penulis jarang sekali memakai fitur ini. Fitur Watchdog juga termasuk fitur untuk membantu monitoring juga. Tapi, berbeda juga dengan Netwatch, atau fitur monitoring lainnya.


Fitur Watchdog di Mikrotik RouterOS memungkinkan perangkat melaksanakan restart secara otomatis, dikala tidak terhubung dengan perangkat yang dimonitoring menurut / lewat IP Address. Nah, fitur ini niscaya lebih bermanfaat pada perangkat outdoor menyerupai wireless. Pada kondisi tertentu biasanya ada perangkat wireless yang hang atau tidak bekerja sebagaimana mestinya. Karena lokasi yang jauh dan membutuhkan troubleshooting yang lebih cepat, biasanya hanya membutuhkan restart perangkat saja tidak efektif harus kelokasi yang jauh hanya untuk merestart perangkat saja. Nah, pengguna Mikrotik dapat memanfaatkan fitur Watchdog. 

Dengan mengaktifkan fitur Watchdog di Mikrotik RouterOS, admin tidak perlu kelokasi alasannya yakni perangkat akan melaksanakan restart sendiri dikala tidak terhubung ke ip yang dimmonitor. Kalau kondisi hang, biasanya perangkat tidak terhubung ke jaringan, dan pada fitur Watchdog akan mengindikasi terputus pada IP yang dimonitoring tersebut. Maka kondisi tersebut menciptakan Watchdog untuk melaksanakan restart perangkat secara otomatis. Kaprikornus tidak perlu ke lokasi yang jauh hanya untuk melaksanakan restart perangkat.

Comments