Cara Menciptakan Aktivitas Luas Segitiga C++ #Lat2

Hai teman Routeros Mikrotik, di tutorial latihan ke 2 ini, kita akan berguru cara menciptakan kegiatan mencari luas segitiga. Sedikit dongeng mengenai kegiatan ini, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali yang aku buat / berguru di kursi perkuliahan semester 1, kesan pertama kali melihat script dari kegiatan ini sangatlah membingungkan :D, tapi untung saja dosen yang mengajar algoritma - bahasa pemograman C++ ini sangatlah menyenangkan, penjelasanya pun begitu detail dan karenanya aku pun paham maksud dari script yang di tulis. Berikut ialah cara menciptakan kegiatan luas segitiga beserta penjelesanya secara detail sesuai dengan apa yang aku pelajari dan pemahaman saya, jadi kalau ada yang keliru, mohon koreksinya ya, oke berikut tutorialnya :


1. Persiapan
Sebagai langkah persiapan, buatlah sebuah file / project baru, jikalau sudah lanjut ke langkah ke dua

2. Coding
Di halaman source code, tuliskan script berikut, jikalau sudah di tuliskan jalankan kegiatan :
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-2
// Nama Program : Luas Segitiga
// Pembuat : Routeros Mikrotik

#include<iostream>
using namespace std;

int main()
{
    float alas, tinggi, luas;

    cout << "Alasnya berapa ? ";
    cin >> alas;

    cout << "Lalu Tingginya ? ";
    cin >> tinggi;

    luas = bantalan * tinggi * 0.5;

    cout << "Maka luas segitiga ialah " << luas;
}

3. Jalankan Program
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan kegiatan di Code Block klik menu Build > Build and Run,

4. Keterangan Script & Cara Kerja Program
a. Script Komentar / Keterangan
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-2
// Nama Program : Luas Segitiga
// Pembuat : Routeros Mikrotik

Fungsi dari script tersebut hanya sebagai komentar saja, biasanya script ini di gunakan sebagai klarifikasi / keterangan dari suatu kegiatan / perintah. Kita dapat memakai script ini dimana saja, ada atau tidak adanya script ini tidak akan kuat terhadap program. Cara penggunakan script ini sangalth gampang kita hanya perlu menuliskan script "//dan di ikuti dengan komentar / penjelasan.

 b. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor,  dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melaksanakan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.

c. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, alasannya ialah pada fungsi iostream, untuk menjalankan kegiatan kita harus memakai script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya.

d. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga isyarat ini harus ada di setiap kegiatan C++ dan tidak semuanya harus integer (int), alasannya ialah selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang dapat di gunakan.

e. Kurung kurawal "{" dan "}"
Setiap penulisan script sesudah fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini menandakan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan bab dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())

f. float alas, tinggi, luas;
  • float secara singkat float merupakan type data yang di gunakan untuk bilangan desimal, alasannya ialah kita memakai rumus 1/2 / 0,5 / di bagi 2 untuk memilih luas segitiga.
  • alas, tinggi, luas merupakan variabel data yang di buat sesuai impian kita, fungsinya yaitu sebagai kawasan untuk menyimpan data yang di input. 
  • ; (titik koma) script yang harus ada di setiap final statement

g. cout << "Alasnya berapa ? ";
Ketika kegiatan di jalankan maka kegiatan akan menampilkan kata "Alasnya berapa ?", kemudian tuliskan sebuah angka (bebas) misalkan 6 dan tekan enter
  • Cout << ialah perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan bab dari liblary iostream
  • "Alasnya berapa ? " adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan final kata.

h. cin >> alas;
Ketika kita menekan enter, maka kegiatan akan memasukan angka yang masukan ke variabel alas.
  • cin >> perintah yang di gunakan untuk memasukan data yang di input ke variabel
  • alas ialah variabel yang telah di buat sebelumnya

i.  cout << "Lalu Tingginya ? ";   |   cin >> tinggi;
Setelah itu kegiatan akan menampilkan kata yang ke dua yaitu "Lalu Tingginya ?", tuliskan kembali sebuah angka, contohnya 6 dan enter, dan kegiatan akan memasukan angkanya ke variabel tinggi.

j. luas = bantalan * tinggi * 0.5;
Setelah data  / angka sudah di input variabel bantalan dan tinggi, maka kegiatan akan mengambil data tersebut dari variabel dan memprosesnya sesuai dengan perintah / rumus yang kita tulis yaitu alas * tinggi * 0,5, hasilnya akan di masukan kembali ke variabel luas.
Hasil dari luas segitiga jikalau diketahui bantalan dan tingginya 6 ialah :
luas = bantalan * tinggi * 0,5
luas = 6 * 6 * 0,5
luas = 36 * 0,5
luas = 18
k. cout << "Maka luas segitiga ialah " << luas;
Setelah semua data berhasil di proses, maka dengan script ini kegiatan akan menampilkan kata "Maka luas segitiga ialah 18"


Sekian tutorial cara menciptakan kegiatan luas segitiga kali ini, biar bermanfaat, salam admin Routeros Mikrotik :D.

Comments