Konfigurasi / Cara Setting Modem Usb Di Mikrotik

Cara lain untuk menghubungkan mikrotik dengan internet yaitu dengan memakai modem USB

Hai teman Routeros Mikrotik, di tutorial-tutorial sebelumnya saya pernah membahas cara menghubungkan mikrotik dengan internet memakai banyak sekali macam cara, menyerupai Via LAN, Wifi, Hotspot HP / Smartphone, di tutorial kali ini kita akan menciptakan sebuah Konfigurasi Untuk Menghubungkan Mikrotik Menggunakan Modem USB, oke berikut tutorialnya :
(Artikel dan Video Tutorial nya sudah sanggup di download, linknya di bawah ya)

A. Persiapan
Sebelum kita memulai tutorial ini, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu diantaranya :
1. Routerboard
Jenis routerboard yang di gunakan yaitu routerboard yang support port USB, salah satu ciri dari routerboard yang sudah support USB yaitu adanya karakter "U" pada seri routerboard, misalnya RB yang saya gunakan untuk tutorial ini yaitu RB951Ui-2nD.

2. Modem USB
Banyak sekali produk-produk modem USB yang sanggup kita dapatkan dengan gampang di sebuah toko, namun menurut penelitian kecil yang telah saya lakukan, tidak semua modem USB support dengan mikrotik. Riset ini saya lakukan ketika ingin membeli modem USB yang ketika ini di gunakan. Hal pertama yang saya lakukan ketika hingga di toko yaitu mengeluarkan RB951Ui-2nD dan meminta penjaga toko untuk menyalakan routerboard, sehabis itu barulah saya menanyakan "apakah ada modem USB dan brand apa saja yang ada di sini", lantas penjaga toko memperlihatkan modem USB yang ada dan saya coba satu persatu, kesudahannya dari beberapa modem USB yang di coba hanya ada satu yang support yaitu modem USB Airtel 4G Huawei E3372. Maka dari itu pastikan modem yang kalian gunakan support dengan mikrotik ya.

3. SIM Card
Diantara banyaknya SIM card yang ada, disini saya memakai M3 / Indosat, alasannya yaitu sinyalnya manis dan pas di kantong kalau di bandingkan dengan SIM card lainya, alasannya yaitu kalau memakai simpati terlalu mahal kalian niscaya tau, dan kalau memakai XL ga tahan sinyalnya, maklum lah rumah admin di pedalaman hehehehe :D.

4. Gabungkan Semuanya
Jika semua materi dan alat sudah siap, gabungkanlah ke tiga alat tersebut, masukan SIM card ke tempatnya di Modem, kemudian tancapkan modem ke port USB mikrotik, dan diamkan selama beberapa menit.

B. Cek Port USB
Setelah modem sudah di tancapkan ke mikrotik, langkah selanjutnya yaitu mengecek USB modem di mikrotik apakah sudah terhubung atau belum, caranya klik sajian System > Resource > kemudian di navigasi sebelah kanan klik USB, sehingga akan muncul sebuah list menyerupai pada gambar.
Pastikan di list tersebut ada nama / brand dari modem yang di gunakan alasannya yaitu kalau tidak ada, sanggup di pastikan modem yang kalian gunakan tidak support dengan mikrotik.

C. Konfigurasi PPP Client
1. Menu Interfaces
Jika modemnya sudah terhubung dengan mikrotik maka secara otomatis mikrotik akan menyebarkan sebuah interfaces gres yaitu PPP Client, klik menu interfaces untuk melihatnya.

2. Konfigurasi Modem USB (General)
Double klik PPP client sehingga akan muncul sebuah halam konfigurasi PPP client, di halaman tersebut klik tab General dan isi kolom berikut :
  • Name : Isi sesuai harapan kalian, di sini saya mengubah namanya menjadi "USB Modem"
  • APN : Isi sesuai APN dari provider yang di gunakan, alasannya yaitu di sini saya memakai provider kuning, maka saya isi indosatgprs
  • PIN : Jika memakai instruksi PIN, tuliskanlah instruksi PIN di kolom ini sesuai instruksi PIN yang di berikan provider.
  • Selain ke 3 kolom di atas, untuk konfigurasi kolom lainya biarkan saja / memakai konfigurasi default mikrotik.

3. Konfigurasi Modem USB (PPP)
Dari tab General pindah ke tab di sebelahnya yaitu tab PPP, dan isi kembali kolom-kolom berikut :

  • User dan Password : Isi sesuai dengan konfigurasi provider yang di gunakan
  • Tandai Dial on Demand dan Add default Route
  • Tandai Use Peer DNS kalau ingin memakai DNS dari provider
  • Kolom lainya biarkan saja.
4. Cek Konfigurasi
Jika langkah ke dua dan ke tiga sudah di lakukan, klik Apply dan pastikan statusnya connected yang menunjukan konfigurasinya berhasil, sehingga mikrotik akan mendapat IP otomatis dari provider, konfigurasi IPnya sanggup kita lihat di sajian IP > Address, misalnya menyerupai ini :

Untuk lebih memastikan lagi apakah mikrotik sudah terhubung dengan internet / belum, cobalah untuk melaksanakan ping ke salah satu situs, misalnya di tutorial ini saya akan coba ping ke situs routerosmikrotik.blogspot dan pastikan hasilnya menyerupai ini ya :

Catatan :
Jika statusnya tidak kunjung Connected, coba periksa hal-hal berikut :
 Kekuatan Sinyal | Pastikan sinyal provider di sekitar kalian manis ya, dan bila perlu cari / pindahkan routerboard ke daerah yang sinyalnya bagus.
 Konfigurasi APN, PIN, User dan Password | Isilah kolom APN dan User sesuai dengan provider yang di gunakan, sedangkan untuk kolom PIN dan password di isi kalau memang di perlukan.

D. Download Artikel Dan Video Tutorial
Klik link di bawah ini sesuai keingnan kalian ya :
 Download Artikelnya
 Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)
 Download Video Tutorialnya

Bagaimana tutorialnya, cukup gampang bukan untuk Konfigurasi Modem USB di Mikrotik ?, semoga dengan adanya tutorial ini sanggup mempermudah kita untuk mempelajari mikrotik, terutama untuk dilema koneksi internet, alasannya yaitu admin mencicipi sendiri bagaimana susahnya mendapat ISP yang jangkauannya sampe rumah, oke sekian tutorial kali ini, salam Admin Routeros Mikrotik :D

Comments