Mendadak Tidak Dapat Print Epson Lx-310 Di Server Dan User

Hai sobat Routeros Mikrotik, pada artikel kali ini admin akan share pengalaman dikala admin mengalami persoalan printer di kantor daerah admin bekerja, dimana secara tiba-tiba ada beberapa user yang tidak dapat mencetak ke printer dot matrix, printer yang saya gunakan ialah Epson LX-310 sedangkan untuk system operasi yang di gunakan baik server (tempat printer di install) maupun user memakai windows 7.

Awalnya printer di install di komputer A (server) kemudian di share ke komputer B dan C yang terhubung di jaringan LAN, semuanya berjalan dengan lancar, sehingga baik komputer server, komputer B hingga komputer C dapat mencetak dokumen atau file yang di inginkan, tapi entah kenapa keesokan harinya, tiba-tiba komputer A dan komputer B tidak dapat print, sedangkan komputer C dapat print dengan normal ke printer yang di install di komputer A, seharusnya yang tidak print itu komputer user saja yaitu B dan C, sedangkan komputer A (server) seharusnya bisa.

Ketika ingin memecahkan persoalan ini, saya galau dan bertanya-tanya "Kenapa komputer server (A) tidak dapat print ke printer yang terhubung langsung, sedangkan komputer C yang tidak terhubung pribadi / lewat mediator komputer A ke printer, dapat print dengan normal menyerupai biasanya, sebelum saya menemukan solusi yang jitu untuk menuntaskan persoalan ini, ada beberapa hal yang saya lakukan, diantaranya :
A. Troubleshoot Printer
B. Uninstall dan Install Printer
C. Ganti Port USB
D. Ganti Komputer Server
E. Uninstall File Update Windows (Cara yang paling ampuh)

Dari kelima poin di atas berikut akan saya bahas semuanya satu per satu :
A. Troubleshoot Printer di Komputer Server (A)
Seperti biasanya dikala ada sebuah persoalan dengan device komputer, hal pertama yang saya lakukan ialah memanfaatkan fitur Troubleshoot, dimana fitur ini berfungsi untuk mengecek / scan persoalan yang terjadi pada sebuah device kemudian memperbaikinya biar dapat berfungsi dengan normal.
Untuk melaksanakan troubleshoot di printer caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu klik kanan printer yang bermasalah kemudian klik "Troubleshoot" dan ikuti petunjuk selanjutnya hingga prosesnya selesai.

B. Uninstall dan Install Printer di Komputer Server (A)
Setelah langkah troubleshoot tidak berhasil, saya menganggap ada file printer yang rusak / hilang sehingga tidak dapat print, maka dari itu saya coab uninstall printer LX-310 dari komputer A kemudian restart, sehabis proses restart sudah selesai dan komputer sudah menyala lagi, lantas saya install driver printer LX-310 dengan keinginan dapaat menuntaskan masalah.
Catatan :
Sepertinya untuk cara uninstall dan install printer tidak perlu admin bahas secara lengkap, alasannya ialah saya yakin teman-teman semua sudah pada andal dengan hal menyerupai ini, 
C. Ganti Port USB
Ternyata poin Uninstall dan install printer masih tidak mampu untuk memecahkan persoalan ini, jadinya saya putuskan untuk mengganti port USB yang di gunakan dengan port lain yang ada pada komputer A, dan hasilnya sama saja tidak bisa.

D. Ganti Komputer
Karena hanya komputer C saja yang dapat print, lantas saya pindahkan printer tersebut dan install di komputer C. Di awal percobaan test print saya merasa lega alasannya ialah komputer C dapat print, tetapi dikala saya coba test di komputer A dan B, masih tetap tidak bisa.



E. Unistall Upadate Windows

Karena tidak tahu lagi apa yang harus di lakukan, saya coba searching di google untuk mencari penyebab dan cara mengatasinya, jadinya saya menemukanya di sebuah lembaga diskusi terbesar di Indonesia yaitu kaskus, yaitu dengan cara uninstall paket resigtry update windows, caranya :

1. Buka Control Panel
Klik logo windows kemudian tuliskan "Control Panel" sehingga komputer akan mencari fitur sesuai yang di tuliskan, di hasil pencarian klik "Control Panel".

2. Buka Halaman Uninstall an Update
Di halaman control panel, cari atau klik navigasi "Uninstall Program", kemudian pada tab sebalah kiri Uninstall kegiatan klik navigasi "View Installed Updates".

3. Cari File KB4048957
Di halaman Uninstall an Update, carilah file security update KB4048957, kalau sudah ketemu klik navigasi Uninstall.

4. Konfirmasi Unintall File KB4048957
dikala kita klik "Uninstall", maka secara otomatis akan muncul obrolan box berupa konfirmasi apakah kita benar-benar akan menguninstall file yang telah di pilih, pilih atau klik YES untuk menguninstall

5. Proses Unsintall
berikut ialah gambar proses uninstall file KB4048957

6. Finish
sehabis proses uninstall selesai, maka akan muncul obrolan box yang isinya komputer kita harus di restart biar imbas dari uninstall file KB4048957 dapat pribadi kita rasakan, klik "Restart Now" untuk merestart komputer sekarang, dan pilih "Restart Later" untuk merestart komputer lain kali.
Catatan :
Lebih baik pilih option "Restart Now" biar efeknya dapat pribadi kita rasakan, namun sebelum kita merestartnya pastikan terlebih dahulu tidak ada kegiatan yang sedang di jalankan, kalau ada close semua kegiatan yang sedang di buka kemudian restart.
Setelah komputer menyala kembali, cobalah untuk mencatak sebuah dokumen ke printer Epson LX-310, di jamin deh niscaya dapat ngeprint.

Bagaimana kondisi printer kalian sehabis melaksanakan tutorial-tutorial di atas ?, saya harapakan beberapa tutorial diatas dapat membantu memecahkan persoalan kalian dikala mengalami persoalan pada printer, khususnya pada printer Epson LX-310 yang secara tiba-tiba tidak dapat print. Baiklah cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih, salam admin Routeros Mikrotik :D.

Comments