Hai sahabat Routeros Mikrotik, di tutorial latihan ke 8 ini, kita akan menciptakan aktivitas menentukan luas dan keliling persegi, dimana pada aktivitas ini kita akan berguru fungsi If dengan 3 kemungkinan / kondisi dan fungsi aritmatika penjumlahan bilangan, dengan aktivitas ini user dapat menentukan antara menentukan luas atau keliling persegi dalam satu program, jikalau user menentukan untuk menentukan keliling persegi maka aktivitas mengalikan 4 sisi yang di input, dan jikalau user menentukan untuk menentukan luas maka aktivitas akan mengalikan sisi dengan sisi yang sudah di input, utnuk cara membuatnya berikut pembahasannya :
1. Persiapan
1. Persiapan
Sebagai langkah persiapan, buatlah sebuah file / project baru, jikalau sudah lanjut ke langkah ke dua
2. Coding
3. Jalankan Program
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan aktivitas di Code Block klik menu Build > Build and Run,
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan aktivitas di Code Block klik menu Build > Build and Run,
4. Keterangan Script & Cara Kerja Program
a. Script Komentar / Keterangan
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-8
// Nama Program : Fungsi If - Luas & Persegi Persegi
// Pembuat : Routeros Mikrotik
// Latihan Ke-8
// Nama Program : Fungsi If - Luas & Persegi Persegi
// Pembuat : Routeros Mikrotik
Fungsi dari script tersebut hanya sebagai komentar saja, biasanya script ini di gunakan sebagai klarifikasi / keterangan dari suatu aktivitas / perintah. Kita dapat memakai script ini dimana saja, ada atau tidak adanya script ini tidak akan kuat terhadap program. Cara penggunakan script ini sangalth gampang kita hanya perlu menuliskan script "//" dan di ikuti dengan komentar / penjelasan.
b. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor, dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melaksanakan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.
c. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, sebab pada fungsi iostream, untuk menjalankan aktivitas kita harus memakai script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya.
d. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga isyarat ini harus ada di setiap aktivitas C++ dan tidak semuanya harus integer (int), sebab selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang dapat di gunakan.
Setiap penulisan script sehabis fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini menandakan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan kepingan dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())
f. int sisi, luas, keliling, pilih;
- int smerupakan tipe data yang dipakai untuk bilangan lingkaran menyerupai ..... -2, 1, 0, 1, 2 .....
- sisi, luas, keliling, pilih merupakan variabel data yang di buat sesuai keinginan, fungsinya yaitu sebagai kawasan untuk menyimpan data yang di input.
cout<<". : Routeros Mikrotik : ."<<endl;
cout<<"Silahkan Pilih :"<<endl;
cout<<"1. Menentukan Keliling Persegi"<<endl;
cout<<"2. Menentukan Luas Persegi"<<endl;
cout<<"Mau pilih yang mana 1 / 2 ?"<<endl;
Ketika aktivitas di jalankan maka aktivitas akan menampilkan kata-kata yang aku tandai warna hitam, menyerupai ". : Routeros Mikrotik : .", berikut klarifikasi lengkaptnya :
- Cout << yaitu perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan kepingan dari liblary iostream
- ". : Routeros Mikrotik : ." adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan simpulan kata.
- <<endl; script untuk menciptakan baris baru
h. Kondisi Pertama Fungsi IF
Apapun kondisi if yang di jalankan, baik kondisi pertama, kondisi ke 2, dan kondisi ke 3, aktivitas akan menampilkan kata ". : Terimakasih : ." di kepingan akhir.
- if (pilih==1) //Jika user menginput anga 1 maka
- { //Batas awal kondisi pertama
- cout<<"Masukan Sisi = "; //Program akan menampilkan kata "Masukan Sisi = "
- cin>>sisi; //angka yang di input user akan di masukan ke variabel sisi
- cout<<endl; //membuat baris baru
- keliling = sisi * 4; //nilai sisi yang di input akan di kalikan 4, dan alhasil akan di masukan ke variabel keliling
- cout<<"Keliling Persegi yaitu = "<<keliling; //Program akan menampilkan kata "Keliling persegi yaitu = " dan di lanjutnkan dengan keliling persegi panjang
- } //Batas simpulan kondisi pertama
- else if (pilih==2) //Jika user menginput angka 2 maka :
- {
- cout<<"Masukan Sisi = ";
- cin>>sisi;
- cout<<endl;
- luas = sisi * sisi; //nilai sisi yang di input akan pangkatkan 2, dan alhasil akan di masukan ke variabel luas
- cout<<"Luas Persegi yaitu = "<<luas;
- }
- else //Jika user tidak memasukan angka 1 ataupun 2 maka
- {
- cout<<endl;
- cout<<"Pilihan salah !"; //Program akan menampilkan kata "Pilihan salah !"
- }
Apapun kondisi if yang di jalankan, baik kondisi pertama, kondisi ke 2, dan kondisi ke 3, aktivitas akan menampilkan kata ". : Terimakasih : ." di kepingan akhir.
- cout<<endl; //
- cout<<". : Terimakasih : .";
- }
Comments
Posting Komentar